oleh

Pilohayanga Wakili Kabgor Lomba Desa Tahun 2022

A-TIMES,KABGOR — Desa Pilohayanga Kecamatan Telaga, mewakili Kabupaten Gorontalo dalam lomba desa Tingkat Provinsi tahun 2022. Penilaian berlangsung Rabu (15/6), diawali dengan pemaparan Kepala Desa dihadapan Tim Penilai Lomba Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (PMD Dukcapil) Provinsi Gorontalo, di kantor desa setempat.

Terlihat, Kepala Desa Pilohayanga Taufik Husa memaparkan kebijakan-kebijakan yang meliputi sektor-sektor pembangunan dan kemasyarakatan. Antaranya Taufik menjelaskan bahwa saat ini Badan Usaha Milik Desa Pilohayanga tengah mengelola sebuah industri herbal dari tanaman kelor sebagai produk kesehatan.

Sektor usaha ini pun disebut telah memiliki badan hukum. Tak hanya itu, Pemerintah Desa Pilohayanga juga memanfaatkan teknologi digital dalam untuk menyediakan kebutuhan literasi bagi masyarakat. “Terhadap pengelolaan potensi desa, kami memiliki bank data. Aksesnya juga dipegang para Kepala Dusun. Melalui Bank Data kebijakan-kebijakan desa kami rumuskan,” beber Taufik.

Berita Terkait:  Karnaval Budaya Multi Etnik Bakal Sedot Perhatian Warga Pada FPDL 2022

Setelah menyimak pemaparan kebijakan pemerintah desa Pilohayanga, dalam suasana penilaian tersebut Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri, berharap agar Desa Pilohayanga menjadi duta Lomba Desa mewakili Gorontalo ke Tingkat Nasional. “Lomba Desa kali ini melibatkan Dinas Pangan dan Pariwisata.

Akan dilihat apakah desa ini telah mandiri pangan. Saya berharap desa Pilohayanga akan jadi duta Povinsi Gorontalo di tingkat nasional,” ungkap Slamet. Setelah pemaparan Kepala Desa, Tim Penilai akan melakukan verifikasi lapangan. Pada kesempatan tersebut, Bupati Nelson Pomalingo didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Prof. Dr. Fory Naway berharap Desa Pilohayanga akan beroleh penilaian terbaik Lomba Desa di Tingkat Provinsi.

Berita Terkait:  Bank Sulut Go Bangun Gedung Arsip dan Lapangan Olah Rag

Bahkan melihat progres pembangunan desa ini, Bupati Nelson menyatakan Pemerintah Desa Pilohayanga telah melakukan lompatan-lompatan pada peningkatan sektor layanan. Maka sejalan dengan lomba desa tersebut, Pemerintah Desa Pilohayanga akan lebih mengoptimalkan sistem pemerintahan desa.(rin/*)

Editor : redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita