oleh

Cara Unik Nelson Akrabi Suku Pedalaman Polahi

A-TIMES,KABGOR —  Saat mengunjungi Desa Bihe Kecamatan Asparaga, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo bersua dengan suku Polahi. Pertemuan Bupati Nelson dengan suku polahi ini rupanya menarik diulas.

Adalah Yunus dan Agus nama polahi itu dan sejak tahun 1982 mendiami hutan dan kini sudah berbaur dengan masyarkat Desa Bihe Kecamatan Asparaga.

Diketahui, suku polahi atau biasa disebut dalam bahasa Indoensia adalah pelarian. Mereka memilih mengasingkan diri dan hidup bertahun – tahun di hutan karena takut dan tidak mau dijajah oleh belanda waktu itu.

Berita Terkait:  Nelson : 2022 Tahun Kebangkitan Kinerja Aparatur

Di Gorontalo mereka berada di hutan daerah Boliyohuto dan sebagian juga di paguyaman dan suwawa. Dalam suasana santai,sambil sekali -kali tertawa, Bupati Nelson layaknya seorang wartawan sekira kurang lebih satu jam wawancarai suku polahi itu.

Mulai dari cara hidup di dalam hutan, bahan pakaian, makanan, model tempat tinggal, obat penawar ketika sakit, ketika kawin hingga cara mendapatkan api ketika memasak.

Terinspirasi dengan sisi kehidupan polahi maka Nelson oun berencana akan membuat miniatur rumah polahi hinggga kebutuhan hidup seorang pelahi di hutan semua ini akan dibuat miniaturnya dan rencana akan dijadikan sisi destinasi wisata bagi pengunjung di desa bihe nanti.

Berita Terkait:  Nelson Sentil Dana Revitalisasi Perkebunan dan Penanganan Pengangguran

“Akan banyak orang datang dan melihat miniatur kehidupan suku polahi. Ini menjadi daya tarik bagi wisata baik manca negara maupun wisata lokal,” ungkap Nelson.

Nelson pun berencana akan melaksanakan camping bulan agustus nanti di desa bihe. Bupati Nelson juga akan mengajak pimpinan OPD dan melibatkan pramuka Kabupaten Gorontalo untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka meriahkan 17 agustus nanti.(rin/*)

Editor : redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita