Lebaran dengan Nastar Klepon

A-TIMES.ID – Nastar dengan selai nanas terdengar sudah biasa. Kini, Anda bisa berkreasi mencoba sesuatu yang berbeda yakni perpaduan nastar dan klepon. Berikut resep kue lebaran nastar klepon.

Nastar merupakan salah satu kue kering klasik dengan isian selai nanas. Sedangkan klepon adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan berisi gula merah dan dibubuhi parutan kelapa.

Varian nastar klepon merupakan nastar berisi unti kelapa. Warna kue nastar pun menjadi kehijauan dengan taburan kelapa yang bakal menarik perhatian saat lebaran.

Perpaduan nastar dan klepon ini menciptakan rasa manis yang gurih dengan sensasi yang berbeda. Berikut resep kue lebaran nastar klepon yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan Nastar Klepon

300 gram butter
50 gram gula halus
2 butir kuning telur
400 gram tepung terigu rendah protein
100 gram tepung beras
25 gram santan bubuk
Pandan pasta secukupnya
Kelapa parut kering siap dimakan
Bahan Isian Unti Kelapa
300 gram kelapa parut setengah tua
150 gram gula merah, iris halus
100 gram air
2 lembar daun pandan
1 gram garam

Berita Terkait:  Buka Puasa dengan Cakwe Siram Saus Kacang

Cara Membuat

Pertama, buat bahan isian lebih dulu yaitu unti kelapa. Rebus air dan masukkan gula sampai larut, kemudian saring lalu sisihkan.

Sangrai kelapa parut dengan daun pandan sampai harus, baru masukkan air gula. Masak unti kelapa sampai padat dan bisa dibentuk bulat-bulat.

Selanjutnya siapkan bahan utama untuk adonan kue nastar klepon. Kocok butter dan gula halus, lalu masukkan kuning telur dan kocok lagi sampai creamy.

Masukkan tepung terigu, tepung beras dan santan bubuk sambil aduk merata lagi. Setelah adonan tercampur, tambahkan pewarna pandan secukupnya.

Berita Terkait:  Ramadan Tiba, Pedagang Tajil Panen Berkah

Ambil adonan sebesar kelereng dan beri isian unti, lakukan sampai semua adonan habis. Adonan yang sudah berbentuk bulat, digulingkan ke dalam kelapa kering.

Susun adonan ke dalam loyang dan beri jarak satu sama lain. Panggang dengan oven di suhu 130 derajat Celcius sekitar 30 menit.

Pastikan warna adonan dan kelapa tetap terjaga dan tidak gosong. Setelah matang, diamkan sampai dingin, lalu susun di dalam toples.

Siapkan parutan kelapa kering untuk dibubuhi pada nastar klepon. Anda juga bisa menggantinya dengan gula halus. (***)

editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: CNNI

Komentar