oleh

Rumah Kopi Bang Ozi, Bisnis (UMKM) yang Tetap Eksis di Tengah Pandemi

A-TIMES,MANADO — Bisnis rumah kopi di Kota Manado tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Meski begitu, tidak sedikit pula yang berguguran karena kalah bersaing.

Ada juga yang terpaksa gulung tikar karena omzet tekor. Pandemi Covid 19 yang menghantam seluruh belahan dunia di awal tahun 2020 salah satu penyebabnya.

Hanya sedikit pengusaha rumah kopi maupun rumah makan yang bisa bertahan akibat badai pandemi. Salah satu bisnis rumah kopi yang tetap eksis dan bertahan di era pandemi hingga kini adalah Rumah Kopi Bang Ozi.

Rumah Kopi yang terletak di ruas jalan Dr. Sutomo, tepatnya di samping Klenteng Ban Hin Kiong ini mampu bertahan meski di dera pandemi sejak 2020 silam.

Nurjanah Neno – Ma’ruf, pemilik usaha rumah kopi ini kepada ATIMES, Sabtu (2/7) akhir pekan lalu mengatakan, tak ada tips khusus untuk bisa bertahan seperti sekarang ini. “Perbanyaklah bersabar dan pandai bersyukur. Bukan tentang besar kecilnya omzet yang didapat, tapi lebih karena berkahnya.

Berita Terkait:  Buka Puasa dengan Cakwe Siram Saus Kacang

Itu yang paling utama,” ungkap Nurjanah. Selain pandai bersyukur, perlu juga ikhtiar agar pelanggan selalu merasa nyaman. Menjaga cita rasa kopi khas Bang Ozi juga penting. Rumah Kopi Bang Ozi, termasuk salah satu bisnis keluarga.

Mulai barista, kasir dan pelayan semuanya adalah keluarga. ” Untuk urusan meracik kopi, kami dibantu dua anak-anak kami yang pentolan pesantren. Dua-duanya adalah barista,” tambah sang suami, Fauzi alias Bang Ozi.

Menurut Ozi, Bisnis rumah kopi ini mulai digeluti bersama isterinya sejak pertengahan tahun 2019 silam. Namun tak lama setelah beroperasi, tempat usaha ini sempat ditutup selama beberapa waktu karena pandemi.

“Inilah cobaan paling berat yang pernah kami hadapi,” ungkap Ozi sapaan akrabnya. Namun seiring perjalanan waktu, pemerintah mulai melonggarkan jam operasi. “Pelanggan kami datang dari banyak kalangan.

Berita Terkait:  5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Usir Lalat di Rumah

Mulai aktivis, wartawan, kalangan politisi hingga pengusaha sering mampir di tempat kami,” tandas Ozi. Saat ini, rumah kopi Bang Ozi tak hanya menyajikan kopi hitam, kopi susu, beragam juice dan kue khas kampung.

“Saat ini kami juga menyediakan mie ceplok, mie goreng, nasi goreng dan lainnya,” pungkas Ozi. Pantauan ATIMES akhir pekan kemarin, rumah kopi Bang Ozi yang buka sejak pagi hari, masih terlihat ramai pengunjung hingga malam pukul 23.00 Wita.

Para pengunjung tidak hanya datang dari kaum adam dari segala usia. Namun kaum hawa penikmat kopi juga terlihat begitu menikmati weekand di rumah kopi Bang Ozi.

Nah, bagi kamu-kamu yang masih penasaran dengan sajian dan racikan khas Kopi Bang Ozi, silahkan mampir dekat Klenteng Ban Hin Kiong, Jln. Dr. Sutomo, Kecamatan Wenang, Manado.(rin/*)

Editor : redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita