oleh

Desa Pilohayanga Miliki E-Perpus Pertama di Gorontalo

A-TIMES.ID, LIMBOTO — Desa Pilohayanga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo terus bertransformasi menjadi desa digital terbaik di Kabupaten Gorontalo.

Tidak heran jika desa yang berbatasan dengan Kabupaten Bone Bolango ini kini menjadi salah satu kandidat Lomba Desa tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2022.

Yang menarik, desa ini memiliki Perpustakaan Elektronik atau E-Perpus pertama dan satu-satunya di Gorontalo. E-Perpus ini diluncurkan, (15/6) yang dirangkaikan juga dengan penilaian lomba oleh panitia Lonba Desa tingkat Provinsi.

E-Perpus ini memungkinkan masyarakat mencari buku dengan menggunakan perangkat elektronik yang disediakan desa.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa mengakses dan membaca 200 buku secara daring.

Selain memiliki E-Perpus, Desa Pilohayanga juga memberikan pelayanan paripurna dengan menyiapkan Bank Data di Dusun-dusun.

“Sebelumnya sistem informasi pelayanan desa kita sudah elektronik, tapi sistem ini kita maksimalkan lagi dengan menyediakan Bank Data di masing-masing dusun,” ungkap Taufik Husa.

Berita Terkait:  Bupati dan OPD Tinjau Lokasi Banjir Limboto dan Telaga

Dengan bank data ini lanjut Taufik masyarakat bisa mendatangi rumah kepala dusun untuk mengakses sistem layanan desa. Sebab sudah disediakan komputer dan internet secara gratis.

Bank data ini bisa dimanfaatkan untuk pengurusan izin, pengurusan surat-surat resmi, hingga pengurusan surat tanah. Kelengkapan data yang dimasukkan masyarakat di Bank Data nantinya akan diproses petugas desa di kantor desa.

“Jadi tak perlu lagi ke desa, cukup memanfaatkan Bank Data di dusun. Semua akan kita proses, dan kalau suratnya sudah ada masyarakat bisa langsung ambil ke kantor. Bahkan ke depan kita sementara mengembangkan sistem tanda tangan elektronik, jadi masyarakat tak perlu lagi ke kantor,” lanjutnya.

Dengan hadirnya sistem berbasis Online ini, bukan hanya pelayanan yang berhasil di pangkas. Tetapi juga bisa mencegah terjadinya pungutan liar.

Terobosan-terobosan yang ada di Pilohayanga ini memikat tim penilai.

Berita Terkait:  Nelson Tinjau Jembatan Ambruk Akibat Banjir

Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri, bahkan berharap agar Desa Pilohayanga menjadi duta Lomba Desa mewakili Gorontalo ke Tingkat Nasional.

“Lomba Desa kali ini melibatkan Dinas Pangan dan Pariwisata. Akan dilihat apakah desa ini telah mandiri pangan. Saya berharap desa Pilohayanga akan jadi duta Provinsi Gorontalo di tingkat nasional,” ungkap Slamet.

“Setelah pemaparan Kepala Desa, Tim Penilai akan melakukan verifikasi lapangan,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nelson Pomalingo didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Prof. Dr. Fory Naway berharap Desa Pilohayanga akan beroleh penilaian terbaik Lomba Desa di Tingkat Provinsi.

Bahkan melihat progres pembangunan desa ini, Bupati Nelson menyatakan Pemerintah Desa Pilohayanga telah melakukan lompatan-lompatan pada peningkatan sektor layanan. Maka sejalan dengan lomba desa tersebut, Pemerintah Desa Pilohayanga akan lebih mengoptimalkan sistem pemerintahan desa. (rin/*)

Editor : redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita