oleh

Temui Anies Baswedan, Bupati Nelson Bahas Pangan Ternak Sapi

A-TIMES.ID, LIMBOTO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo melakukan pertemuan dengan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kamis, (17/06) berlangsung di Ruang Kerja Gubernur DKI Jakarta.

“Jadi pertemuan kami membahas kerjasama dalam pangan ternak sapi. Apa lagi di era pandemi Covid-19 saat ini, antara daerah saling membutuhkan dalam hal pemilihan ekonomi,” ujar Nelson.

Lebih lanjut Nelson mengungkapkan, perhari pemerintah Dki Jakarta mengasuplai 700 ekor ternak sap, dan Kabupaten Gorontalo siap mengsuplai ternak sapi kurang lebih 1000 hinga 2000 ternak sapi perbulan ke Jakarta.

“Dalam kerjasama ini kami berharap pemerintah Dki Jakarta bisa membuat Rumah Potong Hewan RPH, untuk membuat pegembangan pertenakan di Kabupaten Gorontalo. Terlebih Provinsi Gorontalo banyak mensuplai jagung di berbagai daerah,” terang Nelson.

Berita Terkait:  Mensos Bantu Korban Banjir, Nelson: Terima Kasih Ibu Menteri

Nelson menjelaskan, banyak manfaat dari jagung. Salah satunya bisa dijadikan pangan ternak sapi. Dalam pengolahan pakan ternak, Kabupaten Gorontalo memiliki PT Popan. Bahkan, dalam lima tahun ini, pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menyalurkan 10 ribu ternak sapi kepada masyarakat.

“Melalui sektor peternakan ini, akan menjadi pintu gerbang kerjasama kita dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk teknisnya, akan dibahas bersama Dinas Peternakan BUMD, Dinas Pangan serta BUMD DKI Jakarta,” jelas Nelson.

Berita Terkait:  Hendra Apresiasi Rakornis Staf Khusus Bupati dan Wakil Bupati

Dia membeberkan, Provinsi Gorontalo, ada kurang lebih 200 ribu sapi, khususnya di Kabupaten Gorontalo ada sekitar 115 ribu ternak sapi. Untuk penggemukan, pihaknya melakukan kerjasama dengan Bank Sulutgo.

“Melihat potensi yang ada, maka kita akan mensuplai daging sapi ke Jakarta. Dengan demikian, Provinsi Gorontalo akan menjadi lumbung ternak, dan pastinya ini berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat naik, kemiskinan turun,” tutup Nelson. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita