oleh

KPK Didesak Terlibat di Pemilu

A-TIMES.ID, MANADO — Legislator DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Melky Jakhin Pangemanan (MJP) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ikut terlibat aktif dalam penyelenggaraan pemilu termasuk pemilihan kepala daerah.

Pasalnya dari data yang disampaikan KPK, pilkada yang dibiayai oleh sponsor mencapai 82,3 persen. Tak hanya itu, data KPK juga mengungkapkan pembiayaan proses pilkada tak hanya sebatas pada masa kampanye.

Diungkapkan MJP, hal ini harus dituntaskan KPK. “KPK sudah tahu persoalannya. Data 82 persen itu adalah cerminan negatif penyelenggaraan pilkada, legislatif, hingga pemilihan presiden di Indonesia,” kata MJP.

Berita Terkait:  Dewan Sulut Minta Capil Berinovasi

Dia melanjutkan, KPK sebisa mungkin merumuskan usaha pencegahan dalam proses pemilihan umum.

“Bagaimana KPK bisa merumuskan ada MoU, membangun kesepakatan dengan Bawaslu dan KPU. Ada pakta integritas dengan calon yang maju. Supaya peluang korupsi yang sudah diketahui tutup saja. Karena sudah bisa dideteksi,” tambahnya lagi.

MJP pun mendorong peran KPK dalam pendampingan saat kampanye di lapangan.

“Termasuk proses mengaudit harta kekayaan kontestan hingga aliran dana kampanye,” tukasnya.

Tak sampai di situ, MJP meminta KPK untuk mengedukasi partai politik sebagai usaha preventif pencegahan korupsi.

“Setelah proses kontestasi berjalan, ketika menjabat kepala daerah KPK hadir di situ. Harusnya upaya preventif dan upaya mengedukasi elit politik kita diutamakan,” tukasnya.

Berita Terkait:  Ada Aroma Korupsi, AMTI Minta Kejati Riau Usut Proyek Pembangunan Jembatan Batang Lubuh

Sekolah politik itu kata MJP ada di partai. “Yang mungkin bisa dititipkan ke KPK, yakni turun ke parpol. Masif lakukan edukasi ke parpol,” sebutnya. Selain parpol, sekolah juga penting. “Agar generasi muda agar paham dan mengerti kosenkuensi kalau dia korupsi,” lanjutnya.

Kata MJP, jika langkah-langkah ini dijalankan KPK bekerjasama dengan badan hukum lainnya bisa meminimalisir kasus korupsi. (***)

EDITOR: AMRAIN RAZAK
LAYOUT: SYAMSUDIN HASAN
SUMBER: HARIMANADO

Komentar

Rekomendasi Berita