oleh

Selayang Pandang Kota Manado

A-TIMES.ID – Kota Manado adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Utara dengan Suku Minahasa sebagai suku terbesarnya, Kota Manado memiliki semboyan yang cukup unik. Yaitu Si Tou Timou Tumou Tou, sebuah seboyan hidup bagi rakyat Minahasa yang dalam bahasa Indonesia berarti “Manusia satu memanusiakan manusia lainnya”.

Secara administrasi Manado memiliki 11 kecamatan serta 87 kelurahan. Manado terletak di Teluk Manado, dan dikelilingi oleh daerah pegunungan.

Kota ini memiliki 408.354 penduduk pada Sensus 2010, menjadikannya kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar. Jumlah penduduk di Manado diperkirakan (berdasarkan Januari 2014) adalah 430.790 jiwa dan bertambah menjadi 475.557 jiwa pada tahun 2020, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2020.

Geografi

Berada di ujung Utara Pulau Sulawesi, secara geografis Kota Manado terletak di 1°29′35″LU dan 124°50′29″BT. Dengan luas wilayah sekitar 15.726 Hektar, Kota Manado berbatasan dengan:

  • Selat Mantehage dan Kabupaten Minahasa Utara di sebelah Utara.
  • Kabupaten Minahasa di sebelah Timur.
  • Kabupaten Minahasa di sebelah Selatan.
  • Teluk Manado di sebelah Barat.
Berita Terkait:  Turlap, AA Pantau Boulevard Hingga Pelelangan Ikan

Mayoritas daratan Kota Manado berupa barisan pegunungan dan perbukitan. Sedangkan dataran rendahnya berada di sekitar tepi pantai.

Iklim Kota Manado relatif sama dengan kota-kota pada umumnya di Pulau Sulawesi, yaitu beriklim Tropis. Dengan Musim Penghujan sekitar bulan April-September dan Musim Kemarau sekitar bulan November-Maret. Suhu rata-rata di kota ini berkisar 24°-27° C.

Kota Manado juga merupakan kota terbesar ke dua di Pulau Sulawesi, setelah Makassar. Daratan Manado mayoritas berupa pegunungan dan perbukitan di area bagian tengah.

Ketinggiannya mencapai sekitar 610 mdpl (Gunung Tumpa), namun di area kota memiliki ketinggian rata-rata sekitar 250 mdpl. Sedangkan dataran rendahnya mayoritas berupa pantai di bagian tepi.

Berita Terkait:  Walikota Manado-KPK Seriusi Aset Taman Bunaken

Dari perbukitan dan pegunungan tersebut, beberapa sungai juga mengalir melintasi Kota Manado. Misalnya Sungai Tikala, Sungai Tondano, Sungai Malalayang dan beberapa sungai lainnya. Sungai-sungai tersebut mengalir dan bermuara di Teluk Manado.

Sebagian wilayah Kota Manado juga dibatasi oleh pantai dengan garis pantai membentang sepanjang ± 18 Km. Sedangkan di sebelah Barat Laut, wilayah Manado juga meliputi perairan dimana di wilayah perairan tersebut terdapat 3 pulau besar.

Salah satu diantaranya adalah Pulau Bunaken yang terkenal keindahannya. Perairan di pesisir pantai (Teluk Manado) memiliki kedalaman sekitar 2-5 meter, semakin dalam sampai kedalaman 2.000 meter di laut lepas (batas pertemuan dasar pesisir dengan lempeng benua). (***)

Komentar

Rekomendasi Berita