oleh

Selamat Bekerja AARS

A-TIMES.ID, MANADO — Hari ini Senin 10 Mei 2021, Kota Manado bahkan Indonesia telah melahirkan sejarah baru. Adalah Andrei Angouw, Walikota Manado terpilih yang dicalonkan PDI Perjuangan.

Andrei Angouw yang akan dilantik hari ini bersama Richard Sualang sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado untuk periode 2021-2024, akan dicatat dengan tinta emas dalam lembaran sejarah Pilkada di Indonesia.

Pasalnya, dalam sejarah Pilkada langsung sejak reformasi, Andrei Angouw menjadi walikota pertama di Sulawesi Utara bahkan di Indonesia yang beragama Konghucu.

Tentu, perjalanan AARS menuju kemenangan seperti yang diraih saat ini bukanlah pekerjaan mudah.

Sejak awal dibukanya pendaftaran oleh partai, begitu banyak dinamika yang mewarnai. Baik di internal partai maupun eksternal.

Berita Terkait:  Telkomsel Siap Backup Program Pemkot Manado

Tapi, kehebatan dan keberanian Olly Dondokambey, Ketua Umum PDIP Sulut dan juga Bendahara Umum DPP PDIP untuk ‘mengawinkan’ keduanya, tanpa memunculkan riak di internal adalah sebuah keputusan tepat.

Tak hanya itu, semua tokoh yang mendaftar lewat PDIP, mulai dari kalangan birokrat, politisi dan tokoh lintas agama, semuanya dirangkul.

OD yang mantan politisi senayan itu menjadikannya sebuah kekuatan besar. Hasilnya pun luar biasa. Pasangan AARS menang telak di semua Kecamatan.

Hasil Rapat Pleno KPU Manado, Kamis (17/12/2020), menetapkan pasangan nomor urut (1) AARS sebagai peraih suara terbanyak yaitu 88.303 suara atau 36,7 persen.

Pasangan yang diusung PDIP ini unggul jauh dari pasangan lainnya.  Pasangan nomor urut (2) Sonya S Kembuan-Syarifudin Saafa (SSKSS) meraih 32.224 suara atau 13,4 persen.

Berita Terkait:  Walikota Andrei: Manado Butuh SDM "The Best Mind"

Pasangan nomor urut (3) Mor Dominus Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (MOR-HJP) meraih 53.090 atau 22,1 persen. Sedangkan pasangan nomor (4) Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (PAHAM) memperoleh 66.730 atau 27,7 persen.

Jumlah suara sah sebanyak 240.347 suara dan tidak sah sebanyak 4.008 suara. Total suara 244.355. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Manado adalah sebanyak 328.593 pemilih.

Selamat Bekerja Andrei Angouw dan Richard Henry Sualang, Walikota dan Wakil WaliKota Manado yang baru periode 2021-2024. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Data: berbagai sumber

Komentar

Rekomendasi Berita