oleh

Profil Richard Sualang Wakil Walikota Manado

Nama: RICHARD HENRY MARTIN SUALANG
Tempat, Tanggal Lahir: Manado, 20 Juni 1973
Sekolah: SD dan SMP Laboratorium IKIP Manado, SMA Kristen YPKM Manado.
Profesi: Politisi
Partai/Organisasi: PDI Perjuangan / Semasa kuliah aktif di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Komisariat Fakultas kedokteran Unsrat.
Isteri : Merry Mawardi
Anak : 2

DARAH politik yang mengalir dari ayahnya Freddy Harry Sualang, membuat pentolan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, banting setir menjadi politisi.

Karir politiknya sebagai wakil rakyat dimulai pada Pemilu Legislatif 2009. Saat itu Richard Sualang terpilih sebagai anggota DPRD Kota Manado dari Dapil Sario – Malalayang periode 2009-2014.

Berita Terkait:  Bantu Korban Kebakaran, Wawali RS Tuai Pujian

Pemilu 2014 Richard Sualang kembali terpilih untuk kedua kalinya dari Dapil Sario-Malalayang periode 2014-2019

Pada Pemilu Legislatif dan Pilpres yang digelar serentak untuk pertama kalinya tahun 2019, Richard Sualang terpilih sebagai anggota DPRD Sulut periode 2019-2024.

Pengalaman menggalang, memobilisasi hingga merawat massa yang dimiliki Richard itulah yang menjadi satu dari beberapa faktor mengapa dirinya diusung mendampingi Calon Walikota Manado Andre Angouw sebagai calon wakil walikota.

Pileg 2019 lalu, partai yang dipimpin Richard meraup 10 kursi (25 persen) dari total 40 kursi DPRD Manado.

Berita Terkait:  Wawali Kota Manado: Pala Harus Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Warga

Dengan hasil tersebut, PDIP menjadi satu-satunya parpol yang bisa mengusung calonnya di Pilkada Manado 2020 tanpa perlu menggandeng partai lain.

Kerja keras mesin pertai dan partai pengusung membuat pasangan dengan tagline AA-RS terpilih sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih pada Pilkada Lanjutan Serentak 2020. Dan hari ini, Senin 10 Mei 2021 keduanya resmi dilantik Gubernur atas nama Mendagri sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih untuk Periode 2021-2024. (***)

Komentar

Rekomendasi Berita