oleh

Profil Andrei Angouw Walikota Manado

Nama : Andrei Angouw
Tanggal lahir: 23 Mei 1971
Tempat lahir: Manado
Profesi: Politikus
Partai : PDI Perjuangan
Agama: Konghucu
Isteri: IREN PINONTOAN
Anak : 4 (empat)

KARIR politik pria kelahiran Manado 23 Mei 1971 itu dimulai pada 2009-2014. Ketika itu dia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2009. Ia juga terpilih mewakili Dapil Sulawesi Utara 1.

Periode 2014-2019, Andrei kembali terpilih dan duduk sebagai wakil rakyat dan menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Sulut sampai dengan 2016.

Berita Terkait:  40 Legislator Manado Segera Tinggalkan Gedung Tikala

Lalu pada Februari 2016 Andrei dilantik sebagai Ketua DPRD Sulut menggantikan Steven O.E. Kandouw yang ketika itu maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sulut.

Bahkan Andrei merupakan satu-satunya Ketua DPRD di Indonesia yang beragama Konghucu. Pencatatan sejarah ini membuat Sumarsono yang saat ini menjadi Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri terkagum-kagum.

Andrei pada waktu itu juga menegaskan perbedaan keyakinan, suku dan ras tak jadi halangan untuk mengabdi. Dia juga mengapresiasi masyarakat Sulut yang menghargai pluralisme, tidak ada istilah mayoritas dan minoritas.

Berita Terkait:  Untuk Pemimpin Baru Kota Manado

Pada Periode 2019-2024, Andrei kembali terpilih sebagai anggota DPRD Sulut dalam Pemilu 2019. Dia pun berhasil mempertahankan posisi Ketua DPRD Sulawesi Utara.

Bahkan pada 2020 ini dia mengundurkan diri sebagai pimpinan dewan. Andrei didukung PDIP maju sebagai calon Wali Kota Manado, menggandeng Richard Sualang sebagai Wakil Walikota Manado. (***)

Komentar

Rekomendasi Berita