oleh

RSUD Limboto Resmi Miliki TPS B3

A-TIMES,KABGOR — Setelah cukup lama dinantikan, akhirnya Rumah Sakit MM Dunda Limboto resmi miliki gedung penyimpanan sementara limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), yang peruntukannya diresmikan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Senin (13/6). Kata Bupati, TPS ini adalah kebutuhan.

Terkait dengan pengolahan sampah, apalagi sampah limbah B3 ini sangat penting untuk kita kelola dengan baik. Selama ini dua hal yang sudah kita lakukan, pertama insiminator sampai tahun 2020 kita gunakan tapi setelah ada peraturan baru tidak bisa lagi maka langkah yang kita lakukan yaitu kontrak dengan pihak ketiga dan itu dilakukan TPS nya disini.

Berita Terkait:  Bupati Serahkan Sapi Qurban di Masjid Agung Limboto

“Memang waktu yang lalu belum terstandar dengan baik dan alhamdulillah hari ini kita sudah benahi melalui direktur terkait. Dan saya kira ini juga mungkin adanya informasi yang disampaikan oleh media kemarin.

Tapi harapannya jangan begitu, namanya kebutuhan harus dilakukan tanpa ada berita pun harus dilakukan. ,” ujar Nelson. Dia juga memberikan apresiasi kepada pihak rumah sakit yang telah membenahi TPS. Kedepan kita berharap ada TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sama juga sampah sampah biasa.

Karena selama ini kita kontrak kemudian mereka bawa keluar daerah entah ada pemusnahan atau bagaimana, apalagi ini sangat berbahaya. Bagi kita semua jadi harapan saya mungkin melalui pemerintah Provinsi untuk bagaimana mendirikan TPA secara bersama, apalagi rumah sakit ini terus berkembang maka mungkin hal ini bisa dikoordinasi dengan baik.

Berita Terkait:  PKK Kabgor Gelar Lomba Gerakan Tanam Sensivera dan Desa Aman C-19

” Kalau TPS sudah sesuai dengan standar termasuk juga lokasinya, Kalau TPA mungkin persyaratannya lebih ketat,” katanya. Kedepan, harapan masyarakat pun kepada pihak RS agar dapat memaksimalkan keberadaan TPS ini dengan baik.

Jika kemarin sempat terlihat adanya penumpukan, bahkan hingga meluber hanya tertutup dengan terpal. Kini dengan keberadaan ruangan ini, semoga pengaturan sampah medis B3 RS akan teratur dengan baik.(rin/*)

Editor : redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita