oleh

Nelson Sukses Tingkatkan Produksi Jagung Gorontalo

A-TIMES,KABGOR — Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, Gorontalo potensinya adalah pertanian termasuk perikanan dan peternakan. Kemudian komoditi yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, meningkatkan ekspor dan sebagainya adalah bidang pertanian.

” Gorontalo luas tanaman jagung se Provinsi 400 ribu Ha, dan di Kabupaten Gorontalo khususnya kurang lebih 100 ribu Ha. Di zaman pak Fadel produksinya hanya 400 ribu ton, sekarang 1.8 juta Ton pertahun,” Kata Nelson Pomalingo saat ditemui usai mendampingi Penjabat Gubernur Gorontalo melalukan panen jagung di Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat, Senin (13/6).

Karenanya, bupati dua periode itu bertekad akan mendorong lagi industri, kita sudah sukses dengan produksi maka kita mendorong menjadi industri, apakah pakan ternak atau terkait dengan jagung karena di Kabupaten Gorontalo sudah ada 12 silo menampung. “Tapi, tidak sekedar jagung, kita pun mendorong komoditi lain yakni perkebunan dan itu tanaman kelapa,” ungkap Nelson.

Berita Terkait:  Pilohayanga Wakili Kabgor Lomba Desa Tahun 2022

Karena memang, dari dulu sampe sekarang unggulan kita adalah kelapa. Sebagai kepala daerah penghasil kelapa dirinya pun bertekad mendorong kelapa ini dengan baik.

“Kita bisa lihat hari ini, dengan memelihara jagung tapi ternyata kita sekaligus memelihara kelapa dan ini terlihat buahnya, produksinya luar biasa,” beber Nelson.

Pada kesempatan itu juga, Nelson melaporkan kepada penjagub Gorontalo bahwa akan ada agenda besar koalisi daerah penghasil kelapa pada tanggal 29 juni nanti.

Berita Terkait:  Wabup Serahkan 500 Sertifikat PTSL Desa Upomela

Kami seluruh daerah penghasil kelapa akan menanam kelapa di ibu Kota Negara (IKN) RI di Kalimantan sebagai supporting kita untuk daerah membangun indonesia timur lebih baik lagi akan datang.

“Jika pak jokowi hanya membawa air dan tanah maka kami Kopek akan menanam kelapa disana sehingga menjadi sejarah, menjadi tanaman nusantara ditanam disana.

Pada intinya, Kata Nelson, di Kabupaten Gorontalo selain mendorong jagung, kelapa kami pun mendorong peternakan. Karena dengan adanya jagung ini menjadi pakan ternak. Hilirnya dari peternakan dan kita berharap tiga hal ini berkembang bersama -sama melalui sistem pertanian terpadu.(rin/*)

Editor : redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita