oleh

Fory Naway : PAUD HI Wujudkan Pendidikan Menyeluruh Sejak Dini

A-TIMES,KABGOR — Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Naway,M.Pd mengatakan, pendidikan anak usia dini holistik ( PAUD HI) adalah pelayanan utuh dan menyeleruh serta terpadu.

PAUD HI mewujudkan pendidikan menyeluruh sejak dini baik di sekolah maupun di rumah. Jadi, beda dengan PAUD dulu belum ada program kemendikbud dan sekarang sudah ada MOU dengan Pemerintah pusat telah dicanangkan merdeka belajar termasuk juga di Kabupaten Gorontalo dan itu dirangkaikan dengan gebyar PAUD HI.

Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo itu menyebut, pada Gebyar PAUD HI ada beberapa hal dilakukan salah satunya adalah identik dengan konsolidasi kepada seluruh guru PAUD di Kecamatan.

“Sebagai ajang silaturahim dengan seluruh bunda -bunda PAUD bukan saja orang tua tapi tenaga pendidik termasuk menyampaikan apa makna dari kondisi PAUD HI itu sendiri agar orang tua bisa mengetahui belajar anak -anak terpadu antara pendidikan rumah dan sekolah,”Kata Fory Naway, Saat menghadiri Gebyar Pengembangan Anak Usia Dini Holistik ntegratif ( PAUD HI) di Kecamatan Telaga Jaya dan Batudaa Pantai, Senin (19/6/2022).

Berita Terkait:  Fadel Puji Gema Ramadhan PAUD HI Beroleh

Jadi, seluruh anak -anak PAUD jika di rumah mendapatkan pelayanan dari segi gizi dan kesehatan. “Tentunya terintegrasi dengan puskesmas, dengan kader posyandu dan kader KB dan itu ada di Program PKK,” ujar Fory Naway. Kemudian, pemberian makanan tambahan dan vitamin, itu juga kerjasama dengan puskesmas atau pustu dan dinas kesehatan.

“Nanti kami juga ada program khusus di sekolah untuk bunda paud anak -anak pengobatan gratis dan pemberian vitamin kepada anak -anak dan itu disekolah sekolah terpencil termasuk pemberian makanan tamabahan dalam rangka mengatasi stunting” ungkap Fory.

Berita Terkait:  Lupoyo Resmi Jadi Desa Binaan IKM FIP-UNG

Disamping kesehatan juga pendidikan dan pengasuhan sebagai tugas Guru PAUD dan orang tua di Rumah. PAUD HI juga terintegrasi dengan program perlindungan kepada anak anak.

” Inilah yang disebut PAUD Holistik Integratif penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu baik d sekolah maupun dirumah,” tukasnya.

Lebih lanjut, ditegaskan, pelaksanaan PAUD HI dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan ” Layanan PAUD HI ini meliputi pengembangan karakter, pengembangan aspek dalam bidang agama dan moral, motorik kasar dan halus, kognitif, serta bahasa dan sosial-emosional,” tandasnya.(rin/*)

Editor : Redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita