oleh

Gubernur Olly Dampingi Megawati Resmikan KRI Bung Karno

A-TIMES,MANADO —  Presiden Kelima RI Megawati Soekarno Putri yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) meresmikan pelabelan kapal korvet milik TNI Angkatan Laut (AL) dengan nama KRI Bung Karno.

Peresmian itu dilakukan Mega pada acara Sarasehan Pembinaan Mental TNI AL dan Shipnaming KRI Bung Karno-369 di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (20/6/2022) siang.

Menariknya gubernur Sulut Olly Dondokambey turut serta mendampingi Megawati pada peresmian itu. ” Iya pak gubernur turut mendampingi ibu megawati pada peresmian KRI yang diberi namq KRI Bung Karno 369,” beber salahsatu petinggi partai PDI Perjuangan Sulut yang turut serta bersama Gubernur Olly pada peresmian itu.

Sekadar diketahui, pada peresmian itu disampaikan alasan kapal tersebut diberi nama KRI Bung Karno karena Presiden Pertama RI itu merupakan sosok tokoh besar yang memiliki visi maritim yang kuat, bahkan tokoh pembawa konsep persenjataan Angkatan Laut (AL). “Penyematan nama sang proklamator ke kapal perang ini bukan tanpa alasan.

Berita Terkait:  Masih Terkait C-19, Gubernur Keluarkan SE Terbaru

Bung Karno adalah tokoh besar dengan visi maritim yang sangat kuat. Cita-cita beliau untuk membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa pelaut dalam arti yang seluas-luasnya. Bung Karno juga telah menginspirasi karena beliau adalah tokoh pembawa konsep persenjataan AL yang digunakan saat ini,” jelas Yudo.

Lebih lanjut, ia menyampaikan konsep persenjataan yang muncul karena jasa Bung Karno adalah sistem senjata armada terpadu (SSAT). Sistem tersebut, kata Yudo, terdiri atas kapal perang, pesawat udara, marinir, dan pangkalan.

“Semua ini tidak dimiliki oleh angkatan-angkatan laut yang lain. SSAT yang memilikinya hanya Angkatan Laut Indonesia atas jasa Bung Karno,” kata dia.

Sebelum memasuki ruangan acara, Yudo menunjukkan foto yang menggambarkan jejak kedekatan Bung Karno dengan TNI AL. “Setelah kita baca dan lihat foto di depan, ternyata selama ini didengungkan SSAT yang dimiliki AL mulai kapal perang, pesawat udara, marinir dan pangkalan adalah berkat beliau (Bung Karno),” ujar Yudo.

Berita Terkait:  Jokowi Ingatkan Gubernur Soal Protkes Covid 19

Menurutnya, banyak orang yang harus mengetahui bahwa kemunculan SSAT adalah berkat perjuangan Bung Karno. Setelah meresmikan penamaan kapal tersebut, Megawati menyerahkan lukisan Bung Karno kepada Yudo yang dibalas oleh Yudo dengan memberikan miniatur kapal korvet tersebut.

Galeri Bung Karno Sebelumnya Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi dua orang cucunya saat berkunjung ke Galeri Bung Karno, di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin.

Dua cucunya yang menemani Presiden Kelima RI itu, yakni Pita dan Prisha yang merupakan putri Mohammad Rizky Pratama, anak Megawati.(rin/*)

Peliput : Lily Paputungan
Layout : Didit

Komentar

Rekomendasi Berita