oleh

SDN 02 Manado Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka

A-TIMES, MANADO — Kurikulum Merdeka yang mulai berlaku di tahun ajaran 2022-2023 kini sedang diterapkan secara bertahap di SD Negeri 02 Manado.

“Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam,” ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 02 Manado, Jooke Lendo SPd MSi.

Jooke menambahkan kalau sebagian besar orang tua siswa masih bingung dan bertanya-tanya tentang tujuan dari Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas 1 dan 4.

Berita Terkait:  Walikota Ajak ASN- THL Selalu Bersyukur

“Kurikulum Merdeka kontenya lebih optimal, agar para peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi,” jelasnya.

Lanjutnya, para guru juga memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

“Ini adalah projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila, yang dikembangkan berdasarkan tema tertentu dan ditetapkan oleh pemerintah,” kata Jooke, mantan Kepsek SDN 12 Manado ini.

Berita Terkait:  Puskesmas Bengkol-Buha Proaktif Gelar Vaksinasi

Pada dasarnya kata Jooke, kurikulum merdeka merupakan pengembangan dan penerapan dari kurikulum darurat yang diluncurkan untuk merespon dampak dari pandemi Covid-19.

“Pengertian merdeka adalah suatu pendekatan yang dilakukan, agar siswa bisa memilih pelajaran yang diminati,” tutup Jooke yang juga mantan Kepsek SDN 03 Manado.(*)

Editor/Peliput : Saleh Nggiu

Komentar

Rekomendasi Berita