oleh

Pengelolaan Irigasi Perlu Dukungan Politik Anggaran

A-TIMES.ID, MANADO – Panitia Khusus (Pansus) Irigasi DPRD Sulut, beberapa waktu lalu mulai lakukan rapat pembahasan bersama sejumlah perangkat daerah. Yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian dan Peternakan, Biro Hukum Setda Provinsi Sulut dan Tim ahli DPRD.

Menurut personel Pansus Melky J Pangemanan (MJP), pihaknya menerima penjelasan oleh pihak eksekutif terkait urgensi dari Ranperda tentang Irigasi dan naskah akademik sebagai bahan baku yang dibutuhkan dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, termasuk peraturan daerah.

Berita Terkait:  DPRD Provinsi Siap Bahas Dua Ranperda

“Saya mengingatkan pihak eksekutif agar dapat melengkapi data pembanding kondisi ideal yang menguntungkan produksi bagi para petani dan kondisi hari ini yang sangat merugikan masyarakat petani. Karena masalah penyediaan air yang tidak menunjang proses produksi pertanian di Sulawesi Utara,” tandasnya.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengelolaan irigasi, kata dia, diperlukan dukungan politik anggaran yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan dan pembangunan daerah irigasi. Dirinya juga memberi masukan untuk dilakukan perbaikan kelembagaan seperti Petani Pemakai Air (P3A) agar kembali diaktifkan.

Berita Terkait:  DPRD Sulut: Selamat Melayani Calon Diaken dan Penatua

“Perlu adanya perhatian dari pemerintah daerah dengan berkordinasi dengan pemerintah kabupaten/ kota untuk membangun kembali lembaga P3A yang berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan dan pemeliharaan air irigasi yang ada di wilayah Sulut,” pungkasnya. (***)

Editor: Idham Malewa
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: Harimanado

Komentar

Rekomendasi Berita