oleh

Nelson Minta Semua Jajaran Bergerak

A-TIMES,KABGOR – Bencana banjir saat ini bukan saja melanda wilayah Kabupaten Gorontalo. Tapi juga, dengan adanya curah hujan begitu tinggi sejumlah wilayah di Indonesia terdampak bencana banjir bahkan dunia pun sejumlah negara merasakan bencana banjir.

Prediksi cuaca hingga pada bulan februari curah hujan ini akan terus melanda dan ini disebabkan dengan perubahan iklim Karena itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meminta kepada seluruh jajarannya untuk terus bergerak bagaimana upaya menangani bencana banjir.

“Semua bergerak, baik camat dan kepala desa untuk mengendalikan dengan baik sehingga benar- benar dirasakan masyarakat,” pinta Bupati Nelson, saat pimpin rapat evaluasi bencana banjir disejumlah wilayah Kabupaten Gorontalo, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan itu disandingkan dengan penyerahan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir. Dalam kesempatan itu, Nelson Pomalingo meminta kepada semua camat Untuk melaporkan semua data di desa yang terdampak banjir “Berapa penduduk, jumlah kk terdampak banjir hingga memasukan data kerusakan akibat banjir,” harap Nelson.

Berita Terkait:  Nelson Ajak Ulama Beri Edukasi Masyarakat Perangi Covid dan Hoax

Nelson juga menyarankan kepada pemerintah kecamatan dan desa untuk mengajak masyarakat Pembuatan sumur resapan disetiap rumah penduduk. Sumur resapan ini pun akan diberlakukan di wilayah perkantoran. Pembuatan umur resapan baik itu rumah-rumah masyarakat maupun perkantoran.

Ia pun mengajak kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan. Baik itu saluran dan sampah menjadi tanggung jawab bersama termasuk masyarakat.

“Masyarakat wajib menjaga saluran-saluran agar tidak tersumbat dengan sampah-sampah yang dibuang sembarangan,” beber Nelson. Lanjut Nelson, sampah-sampah yang dibuang sembarangan dalam saluran ini yang menyebabkan banjir.

Berita Terkait:  Nelson: Peran Generasi Muda Sangat Penting

“Termasuk penebangan pohon sembarangan yang sering dilakukan tanpa seizin pemerintah desa. Demikian yang sering dilakukan PLN menebang pohon sembarangan. Memang penting untuk menata pohon ini, tapi harus diperhatikan dengan benar pentaaan pohon-pohon ini,” tegasnya.

Seperti diketahui, rapat evaluasi bencana banjir itu dipusatkan di aula kantor desa Dungga Kecamatan Tibawa. Tampak hadir, Sekda Ir. hadijah U Tayeb, Asisten II, Sejumlah Pimpinan OPD Terkait, camat dan kepala desa se Kecamatan Tibawa.

Sebagai informasi, pada kesempatan itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan paket bantuan sembako kepada warga dampak bencana banjir disejumlah wilayah kecamatan.(***)

Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan
Sumber : Humas

Komentar

Rekomendasi Berita