oleh

Mantiri Seriusi Kasus Stunting

A-TIMES,BITUNG — Masalah stunting mendapat perhatian serius Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. Ini terlihat dengan agenda lokakarya percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan di Aula S H. Sarundajang, Rabu(29/6).

Wali Kota Bitung mengakui Pemkot Bitung fokus mengatasi stunting lantaran merupakan isu Nasional yang disikapi secara serius. “Mengingat angka Stunting di Indonesia masih cukup tinggi, untuk itu diperlukan upaya-upaya untuk menurunkan angka stunting secara signifikan, terutama di Kota Bitung.

Stunting ibarat bangunan dasar, jika bangunan dasar tidak cukup kokoh, maka bangunan tersebut akan runtuh,” ucap Maurits. Penurunan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang.

Berita Terkait:  Walikota Bitung - Wakapolda Sulut Sambangi Pasien dan Nakes KM Tatamailau

Sebagai contoh kasus terhambatnya tumbuh kembang anak. Penurunan stunting menitikberatkan pada penanganan penyebab masalah gizi, yaitu faktor yang berhubungan dengan ketahanan pangan.

“Khususnya akses terhadap pangan bergizi (makanan), lingkungan sosial yang terkait dengan praktik pemberian makanan bayi dan anak (pengasuhan), akses terhadap pelayanan kesehatan untuk pencegahan dan pengobatan (kesehatan), serta kesehatan lingkungan yang meliputi tersedianya sarana air bersih dan sanitasi,” ungkap Mantiri.

Pihaknya berharap setelah lokakarya ini angka Stunting di Kota Bitung bisa cepat menurun dan tidak ada lagi kasus Stunting di Kota Bitung, “Harapannya dengan adanya kegiatan ini, permasalahan atau kasus Stunting bisa cepat teratasi.

Berita Terkait:  Kementrian P3A Pilih Bitung Verifikasi KLA

Kita harus kerja cepat, sinergi dan terstruktur untuk percepatan penurunan Stunting di Kota ini,” tambah Mantiri. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan duta Stunting Kota Bitung kepada Ny. Rita Mantiri Tangkudung, ST, yang juga sebagai Ketua TP-PKK dan Ny. Ellen Honandar Sondakh, sebagai Sekretaris TP-PKK Kota Bitung.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kota Bitung, Sekretaris TP-PKK Kota Bitung beserta pengurus TP-PKK Kota Bitung, para asisten, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Albert Sarese dan lainnya.(ham/*)

Peliput/Editor : Lily Paputungan
Layout : Didit

Komentar

Rekomendasi Berita