Wawali Warning Parpol Penerima Bantuan

A–TIMES,BITUNG — Bantuan keuangan partai politik (parpol) tahun 2021 yang mengantongi kursi di DPRD Kota Bitung telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulut.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) bantuan parpol telah diserahkan Pemkot Bitung ke delapan pimpinan parpol di Bitung, Selasa (26/07/2022). Hasil audit kata Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar di sela sela acara penyerahan LHP, hanya parpol Gerindra yang tidak bisa pertanggungjawabkan penggunaan bantuannya.

Selebihnya telah sesuai dengan kriteria yang berlaku Yaitu : DPC PDIP, DPD GOLKAR, DPD PAN, DPC DEMOKRAT, DPD NASDEM, DPD PERINDO, DPK PKPI.

Berita Terkait:  Bawa Sajam, Dua Pemuda Bitung Diringkus Tim Resmob

“Sesuai Undang – undang nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. BPK telah melakukan pemeriksaan atas pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran bantuan keuangan partai politik dari APBD tahun anggaran 2021 pada DPD/DPC/DPK di Kota Bitung,”tandasnya.

Kata Honandar Pemerintah Kota Bitung di tahun anggaran 2021 menganggarkan bantuan keuangan partai politik kepada delapan DPD/DPC/DPK dan telah merealisasikannya.

Untuk itu BPK merekomendasikan Walikota Bitung agar menginstruksikan kepada kepala badan kesatuan bangsa dan politik Kota Bitung untuk melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada DPC GERINDRA sehingga diharapkan untuk laporan pertanggungjawaban dari delapan DPD/DPC/DPK di tahun depan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Berita Terkait:  Rita Tangkudung Puji Kinerja TP PKK Wabar

“Kami mengajak kepada Seluruh pimpinan partai politik penerima bantuan keuangan untuk dapat mempergunakan anggaran ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan nanti diharapkan untuk administrasi dan pelaporannya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” tandas Honandar. Turut hadir asisten 1 Julius Ondang Kaba Kesbangpol Oktavianus Tumundo dan lainnya.(ham/*)

Peliput/Editor: Lily Paputungan
Layout : didit

Komentar