oleh

Mantiri Puji Warga Danowudu

A–TIMES,BITUNG — Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri didampingi Plh. Sekkot Bitung Forsman Dandel Rabu(11/5) menghadiri peringatan HUT Ke-114 Negeri Adat Danowudu yang digelar di Kantor Kecamatan Ranowulu, Kelurahan Danowudu.

Mantiri mengapresiasi seluruh masyarakat Danowudu yang terus mempertahankan dan memelihara kearifan lokal. Mantiri juga merupakan Tonaas Wangko ini berpesan pada pemangku adat, pemerintah setempat dan masyarakat agar terus menjaga dan melestarikan adat dan budaya agar tidak hilang tergerus zaman.

“Kearifan lokal dalam adat suku Minahasa seperti ini minum di bambu dan makan di daun pisang, turun-temurun dari para leluhur kita sehingga generasi kini harus dijaga dan dilestarikan,” bebernya.

Berita Terkait:  Wongkar Cs Mundur, Mantiri Mulus Ketua P/KB Raih 1035 Suara

Soal adat dan budaya di Negeri Danowudu, Maurits ingat betul dengan sosok almarhum Benny Tengker sebagai pemangku adat Negeri Danowudu yang punya andil besar terhadap kebudayaan Minahasa.

Mantiri selalu mensuport yang namanya kegiatan kebudayaan baik di Negeri Adat Danowudu, Kota Bitung, Sulawesi Utara dan Indonesia.

Untuk itu, tambahnya lewat momentum HUT ke-114 Negeri Danowudu, kenangan dan apa yang telah diwariskan para leluhur harus dilanjutkan sampai kapanpun juga.

Berita Terkait:  Maurits Mantiri: Perempuan Harus Jadi Agen Perubahan

“Kegiatan duka maupun kegiatan apapun identik dengan adat serta budaya, mulai dari menyanyikan lagu mars Danowudu, pemerintah kelurahan bantu sosialisasikan ke seluruh tenaga harian lepas di wilayah Danowudu dan di bantu oleh pemangku adat dan masyarakat agar bisa diingat selalu dan dinyanyikan saat ada kegiatan suka maupun duka.(ham/*)

Peliput/Editor : Lily Paputungan
Layout              : Didit

Komentar

Rekomendasi Berita