oleh

Gubernur Hamka : Anggaran Pemilu 2024 Gorontalo Butuh Rp200 Miliar

A-TIMES,KABGOR — Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Nur membeberkan kebutuhan anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) di Provinsi Gorontalo tahun 2024 adalah sebanyak Rp200 Miliar.

Angka itu kata Hamka, sesuai kebutuhan yang diajukan KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo. “Kemarin saya sudah panggil KPU dan Bawaslu, kita sudah hitung-hitungan, karena itu kurang lebih hampir Rp200 miliar. Kita akan mulai (cicil) di APBD-P 2022, 2023 dan 2024,” beber Hamka.

Anggaran yang nilainya hampir sama dengan 10 persen total APBD Pemprov Gorontalo itu tidak akan dihibahkan sekaligus. Pihaknya akan melihat kebutuhan KPU dan Bawaslu yang mendesak untuk dibiayai. Terlebih pertengahan tahun ini tahapan Pemilu sudah dimulai.

“Walaupun 2022 kita anggarkan tapi anggarannya disimpan di kita karena pemilihan kan nanti tahun 2024. Nanti kan Juni ini sudah mulai tahapan, kita mengeluarkan sebatas mana dibutuhkan kita bantu,” imbuh Staf Ahli Bidang Budaya Sprotivitas Kemenpora RI itu.

Untuk mengefektifkan pembiayaan Pemilu Penjagub Gorontalo berencana untuk duduk bersama dengan Bupati dan Wali Kota. Ia berharap ada pembagian beban anggaran sehingga tidak terjadi pembayaran ganda. “Terkait kabupaten kota kita akan duduk sama sama.

Berita Terkait:  Pembangunan Lanjutan RS Boliyohuto Tuntas Maret

Jangan sampai double account. Kita sudah bayar saksi di provinsi, kabupaten kota juga membayar. Jadi kita harus sukses Pemilu harus selamat juga administrasinya,” tegasnya.

Sementata itu, Bupati Nelson mengungkapkan, Penjabat Gubernur Hamka telah diterima melalui prosesi adat mopotilolo.

Karenanya, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo mengucapkan selamat datang di Gorontalo.

Nelson mengatakan, Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo Hamka Hendra Noer telah resmi diterima melalui prosesi adat “Mopotilolo” di wilayah Kabupaten Gorontalo, (21/5).

” Saya mengucapkan selamat datang. Ada tiga makna itu Selain selamat datang, kita mendoakan beliau agar bekerja dengan baik. Ketiga, silakan beliau turun untuk melihat proses pembanguan di wilayah Kabupaten Gorontalo,” ucap Nelson,ditemui usai prosesi adat mopitilolo penjagub di rumah dinas Bupati Gorontalo, sabtu (21/5).

Berita Terkait:  Bupati Nelson Optimis Vaksinasi Tahap I Tembus 100 Persen

Intinya, Kata Nelson, pemerintah Kabupaten Gorontalo mendukung sepenuhnya pemerintahan Penjagub Gorontalo. Apalagi kata Nelson, Tugas beliau (penjagub-red) berat, pertama melanjutkan pembangunan sampai ada difinitif Gubernur. Kedua, Menjaga stabilitas politik jelang pilkada maupun pileg .

“Berikut juga hal paling berat tugas beliau adalah memulihkan ekonomi karena covid -19. Kami mendorong dan mendukung sepenuhnya pemerintahan Provinsi Gorontalo,” ujar Nelson.

Hal hal lain tentunya akan dibicarakan secara detail. Apalagi soal revitalisasi danau limboto program strategis beliau koordinasikan dan kami turun langsung.

“Ada waktunya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan mengundang khusus. Kami bersama OPD bahkan kepala desa, beliau memberikan arahan dan disitulah moment kita menyampaikan secara resmi proses pembangunan daerah,” ungkap Nelson.

Hal – hal kecil kami sudah bicarakan termasuk sejumlah program dan ivent akan dibuat beliau terkait pemulihan ekonomi. (rin/*)

Editor : redaksi
Layout : didit

Komentar

Rekomendasi Berita