oleh

DLH Manado Ajak Peran Masyarakat Mengelola Sampah

A-TIMES.ID, MANADO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado tak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah.

Senin (3/5) kemarin, DLH melakukan sosialisasi peningkatakan peran masyarakat dalam pengelolaan persampahan yang diikuti Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan se-Kota Manado serta TP-PKK.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Manado, Drs Hery Saptono pada kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih atas inisasi dan peran masyarakat dalam pengelolaan persampahan.

“Istilah pengelolaan persampahan bukan barang baru lagi, permasalahan utama di kota ini adalah banjir, salah satunya banjir sampah yang sampai saat ini belum bisa diatasi seratus persen,” terangnya.

Berita Terkait:  Pemkot Manado Terima Bantuan Suplemen Kalbe Farma

Heri menambahkan, dari data yang ada, setiap hari kurang lebih 0.4 kilo gram sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga.

“Jadi, kalau jumlah penduduk Kota Manado kurang lebih 5 ratus jiwa, itu artinya ada 650 ton setiap hari sampah yang terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tanpa ada solusi dari tingkat bawah. Mencermati apa yang disosialisasikan melalui peraturan ini, seharusnya ada pengelolaan serta perlakuan sampah dari tingkat bawah,” jelasnya.

Berita Terkait:  Giliran Kelurahan Sumompo Disambangi Walikota

Sementara Kepala DLH Kota Manado, Budi Yanti Paskah Putri menjelaskan kalau saat ini regulasi baik dari Pemerintah Pusat hingga ke daerah terkait pengelolaan persampahan sudah banyak. Tapi kenyataannya hingga kini kurang diimplementasikan.

“Harapan kami, semua yang hadir saat ini meneruskan informasi dan materi yang disampaikan oleh para narasumber kepada keluarga dan masyarakat terkait pengelolaan sampah,” tutup Yanti yang juga menjabat Kepala Bagian Hukum Kota Manado.(***)

Peliput/Editor: Saleh Nggiu

Layout: Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita