oleh

Wali Kota MM Data Warga Miskin Beralih TV Digital

A–TIMES,BITUNG — Rumah tangga miskin Kota Bitung tidak lama lagi akan nikmati siaran TV digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan memberi bantuan set top box (STB) untuk perangkat di TV digital.

Untuk menikmati bantuan ini, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri diminta membantu menyuplai data rumah tangga miskin ke Kominfo pusat. “Kominfo akan memberi bantuan STB gratis, supaya bisa cepat beralih dari TV analog ke TV digital,” kata Mantiri usai rapat virtual yang dipimpin Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, johnny G. Plate dan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr.H. Suhajar Diantoro,Msi, Jumat (3/6) pekan lalu.

Berita Terkait:  Rayakan Idul Fitri 1443 Hijriah, MM-HH Ajak Warga Tetap Disiplin Protkes

Rapat virtual diikuti semua kepala daerah di Indonesia. Menkominfo mengatakan kepada kepala daerah para penerima bantuan STB gratis, tidak perlu lagi mengganti TV baru. Perangkat TV lama bisa dimodifikasi saat beralih ke TV digital.

“ Cukup memasang piranti agar masyarakat tetap menikmati siaran TV digital. Penyediaan STB ini tidak lain sebagai upaya mendukung migrasi dari TV analog ke TV digital pada 2022 ini,” papar Menkominfo RI. Di Kesempatan itu, Kementrian Kominfo berharap agar kepala daerah dapat melaksanakan beberapa hal.

Mulai dari membantu memberikan data rumah tangga miskin yang berhak untuk menerima STB dalam 2 minggu kedepan, dengan kriteria berikut :

Berita Terkait:  Honandar Simak Pemaparan PTSL dari Menteri

A. Rumah tangga miskin
B. Memiliki pesawat tv analog dan menikmati siaran tv melalui teresterial
C. Lokasi rumah tangga berada di lokasi siaran TV digital
D. Bersedia menerima dan memanfaatkan bantuan stb
E. Dalam satu rumah tangga miskin menerima satu Bantuan STB

2. Membantu sosialisasi agar masyarakat yang mampu segera membeli STB baik melalui media online atau toko-toko elektronik terdekat.
3. Membantu kelancaran distribusi STB baik oleh penyelenggara Multipleksing (Swasta) maupun distribusi oleh Kemenkominfo.(ham/*)

Peliput/Editor : Lily Paputungan
Layout              : Didit

Komentar

Rekomendasi Berita