oleh

OD Tegaskan Lahan KEK Segera Dipresentasikan ke Investor

A-TIMES,MANADO – Pengosongan Lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung Kamis (11/11/2021) berlangsung aman dan damai tanpa ada gesekan. Satuan Pol.PP secara persuasif melakukan pengosongan yang sudah lama ditempati warga. Gubernur Olly Dondokambey menekankan bahwa ini bukan merupakan penertiban.

“Jadi bukan penertiban, tapi Pol PP membantu masyarakat pindahkan barang-barang,” ungkapnya. Setelah lahan sudah kosong, Olly Dondokambey siap menyodorkan lahan KEK Bitung itu untuk ditempati investor yang akan menanamkan modalnya. “Kita presentasikan ke Investor, target bulan ini. Semua jalan lancar investor masuk,” ujar Mantan Anggota DPR RI.

Berita Terkait:  Gubernur OD apresiasi Kepedulian BMKG

Kasat Pol PP Sulut, Farly Kotambunan yang turun dalam penertiban tersebut menyampaikan situasi di lahan KEK berlangsung aman. Penertiban tak ada yang menghalangi, petugas memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengamankan barang -barang mereka, sebelum eksavator bekerja. “Keadaan aman dan terkendali,” ujarnya lagi.

Adapun penertiban sudah berulang kali dilakukan aparat, namun ada masyarakat yang kembali menempati lahan tersebut. Lahan tersebut harusnya untuk kawasan industri ini. Pemprov sudah mengeluarkan 3 kali surat peringatan, sebelum melakukan penertiban  sekitar 2027 bangunan di lokasi.

Berita Terkait:  AGK Ajak ASN Tingkatkan Profesionalisme

“Awalnya kami sampaikan pada masyarakat yang berada di lahan KEK untuk menertibkan bangunannya sendiri  dan kami berterima kasih pada masyarakat yang dengan suka rela memalukan penertiban sendiri,” ucap Kasat Kotambunan.

Penempatan lahan oleh masyarakat ini menghambat pembangunan KEK Bitung sebagai salah satu proyek strategis nasional. Apalagi KEK Bitung sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Olly Dondokambey, April 2019 lalu.(*)

Peliput : Lily Paputungan
Editor   : Amrain Razak
Layout  : Didit

Komentar

Rekomendasi Berita