Pemkab Mitra Terapkan Pembayaran Retribusi Sampah dengan Menggunakan QRIS

 

A–TIMES,MITRA–Digitalisasi Keuangan  terus digencarkan Bank Indonesia (BI) Perwakilan  Sulawesi Utara

Kali ini BI Sulut mengandeng pemerintah  Minahasa Tenggara untuk mendorong digitalisasi pembayaran menggunakan QRIS.

BI dan Pemkab mensosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Penggunaan QRIS untuk Pembayaran Retribusi Kebersihan di Kecamatan Ratahan.

Agenda ini menjadi bagian dari program strategis Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Minahasa Tenggara.

Peserta yang hadir 130 orang tujuannya membangun pelayanan publik yang ramah lingkungan, transparan dalam tata kelola, serta memperluas akses masyarakat pada sistem pembayaran digital nasional.

Asisten II Arnold Mokosolang  Setda Mitra yang mewakili bupati Ronald Kandoli,  membuka acara sekaligus mengajak masyarakat mengubah pola pikir dalam mengelola sampah.

Berita Terkait:  Jadi Sponsor Pemilihan WWM, BI pacu Penggunaan QRIS

“Mari kita ubah kebiasaan dari buang menjadi pilah dan olah sampah, karena sampah bukan hanya limbah, tetapi juga potensi,” tegasnya.

Pemkab  Mitra resmi meluncurkan penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai kanal pembayaran retribusi kebersihan. Inovasi ini diharapkan menjadi langkah maju menuju pelayanan publik yang lebih efisien, transparan, dan akuntabel, sejalan dengan transformasi digital dalam kerangka TP2DD.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Deputi Kepala Perwakilan BI Sulut Darmawan T.B. Hutabarat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Royke Lumingas, Camat Ratahan Arce Kalalo, serta perwakilan BPKPD dan pengelola sampah.

Suasana semakin seru  dengan penampilan BI Stars – Nyong Nona Manado 2025 – yang menjadi duta literasi digital BI. Mereka memaparkan manfaat QRIS secara interaktif, dilanjutkan dengan simulasi transaksi bernilai Rp1 oleh peserta. Pemkab Mitra menegaskan komitmennya untuk mendorong penggunaan QRIS secara rutin dalam pembayaran retribusi kebersihan serta memperluas adopsi kanal digital di berbagai layanan publik. Bank Indonesia  siap mendukung penuh lewat penyusunan roadmap, asistensi teknis, dan edukasi masyarakat. Ini juga sebagai bukti nyata kalai Mitra sebagai salahsatu pelopor digitalisasi layanan retribusi berbasis QRIS dan sebagai bukti kepedulian mereka terhadap kebersihan  lingkungan.(*)

Komentar