oleh

Fory Naway Minta Jajaran Bunda PAUD Implementasikan Program PAUD HI

A-TIMES, KABGOR – PAUD Holistik Integratif PAUD HI adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat. K

arena itu sebagai program kemendikbud, Kita yang ada di daerah benar-benar mengimplementasikan dalam bentuk sosialisasi melalui kegiatan bimtek. jadi,holistik Integratif secara menyeluruh tapi terintegrasi dengan beberapa akses. Akses pelayanan termasuk masalah gizi, kesehatan,pendidikan secara sektor, jadi program ini bukan urusan bunda PAUD saja namun secara terpadu lintas sektor.

Hal ini disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo, Fory Naway saat menjadi nara sumber pada pembukaan dan launching penyelenggaraan PAUD HI satuan PAUD Kabupaten Gorontalo, (22/12/2021) di Hotel Aston Kota Gorontalo. Adapun materi yang dibawah Ketua PGRI Kabupaten Gorontalo itu adalah Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Satuan PAUD.

Berita Terkait:  Bupati-Kadishub Kabgor Teken MoU dengan BPTD Prov. Gorontalo

Ia menambahkan, PAUD ini sudah menjadi tanggung jawab Kepala desa dan lurah sehingga kami sebagai bunda PAUD tingkat Kabupaten melantik dan mengukuhkan seluruh bunda PAUD yang ada di desa dan kecamatan melekat pada istri kepala desa dan camat. “tugas kami adalah mengkoordinasi dan mengkoordinir seluruh PAUD yang harus dilakukan secara satuan paud dan juga secara terintegrasi lintas sektor yang programnya harus dilihat secara bersama. Tentunya dalam hal pelayanan” ungkap Fory Naway.

Ia pun menekankan bahwa Pelayanan PAUD ini bukan saja pembelajaran tapi pendampingan termasuk masalah gizi dengan memperhatikan persoalan terkaait stunting, itu juga menjadi perhatian kami.

Sehingga kerjasama lintas sektor ini termasuk kepala desa, bunda PAUD juga pengambil kebijakan dibawah, dewan pendidikan, dewan mutu, komite dan dikbud sebagai pelaksana kegiatan. “ sehingga kegiatan hari ini untuk meningkatkan kapasitas,pengetahuan dan skill bagi bunda PAUD agar PAUD –PAUD holistic ini dapat menunjukan kualitas yang baik secara output untuk diseleraskan program tingkat Kabupaten.,” Pungkas Fory Naway.

Berita Terkait:  Proyek Jalan Otopade- Liyoto Ditender Usai Lebaran

Dalam program PAUD HI, dirinya juga mengatakan melibatkan dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (PPPA). hal ini kata Fory agar memperhatikan berbagai kasus-kasus yang terjadi bagi anak dibawah umur sehingga PAUD-PAUD ini terlindungi. Bahkan dalam menjalankan program, dinas kesehatan dan dinas ketahanan pangan dilibatkan dalam rangka peningkatan kesehatan dan gizi termasuk dalam menjaga stunting.

Selain itu juga keterlibatan puskes-puskes sangat diharapkan agar dalam tiga bulan sekali melaksanakan penimbangan -penimbangan bayi secara posyandu serta pemberian makanan sehat dan tamabahn. “Bahkan kegiatan parenti kedepan akan dilaksanakan untuk mengadakan pertemuan dengan dinas kesehatan termasuk pertemuan pemberian pembekalan dengan orang-orang tua sebagai komiteuntuk membentuk pos gizi, mengatasi masalah nutrisi kepada anak-anak secara terintegrasi,” Tandas Fory Naway.(***)

Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan
Sumber : Humas

Komentar

Rekomendasi Berita