Megawati Menangis Saat Terima Bintang Penghargaan Rusia

A-TIMES.ID, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Sukarnoputri, menangis saat menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Republik Federasi Rusia.

Mega tak kuasa menahan air matanya karena mengingat ayahnya, Sukarno yang telah merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia.

banner

“Sungguh sebuah hari yang membahagiakan, saya mendapat kehormatan ini, karena, maaf saya teringat kepada ayah saya, padahal saya sangat mengerti bahwa beliau yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia,” kata Megawati saat menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan yang disiarkan secara daring lewat akun Youtube, PDI Perjuangan, Rabu (2/6).

Megawati lalu teringat saat dirinya masih muda, ketika sang ayah mengajak dirinya ikut menjemput Presiden Kliment Voroshilov yang berkunjung ke Indonesia.

Berita Terkait:  Megawati: Kader PDIP Jangan Korupsi

“Itulah menurut saya titik awal hubungan persahabatan Indonesia-Rusia yang berjalan hingga saat ini,” kata Megawati.

Lebih lanjut, Megawati meminta Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G. Vorobyova, memberitahukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa dirinya saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Ada hal yang perlu disampaikan kepada Presiden Putin karena belum lama ini, dua bulan lalu, Presiden Jokowi telah membuat keputusan untuk buat sebuah badan baru yang diberi nama BRIN dan saya ditugasi Presiden Jokowi untuk menjadi ketua dewan pengarah ex officio dari badan baru ini,” katanya

Megawati berkata banyak hal yang telah dilakukan agar hubungan bilateral Indonesia-Rusia semakin erat. Ia mengaku tidak pernah lupa ketika Putin memberikan kesempatan kepada dirinya untuk membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari Rusia beberapa tahun lalu.

Berita Terkait:  Inilah 12 Besar Calon Anggota Bawaslu Sulut Hasil CAT-Psikologi

Presiden ke-5 RI itu mengaku telah menyampaikan kepada Jokowi agar terus membangun hubungan dengan Rusia terkait riset dan luar angkasa.

“Tentunya seperti yang saya ceritakan tadi, maka salah satu dan hal ini telah saya sampaikan juga kepada Presiden Jokowi hal-hal berhubungan dengan ruang angkasa seharusnya terus kita proses antara Rusia dan Indonesia,” ucapnya.

“Dan saya juga sudah mengatakan kepada Jokowi untuk suatu saat nanti kita bisa lebih mempererat seperti tadi saya katakan, dalam hubungan research juga dengan Rusia,” ucap Megawati. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: CNNI

Komentar