oleh

Diet Aman dan Sehat saat Menyusui

A-TIMES.ID, JAKARTA — Perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan banyak diperbincangkan banyak kaum ibu, banyak ibu yang melakukan berbagai cara dan upaya menurunkan berat badan untuk mengembalikan tubuh ideal setelah melahirkan termasuk diet sehat saat menyusui.

Berdasarkan laman Healthline, kegiatan menyusui biasanya dapat membakar 500-700 kalori per harinya.

Untuk menurunkan berat badan dengan aman saat menyusui, penting untuk mengikuti arahan dokter terkait kebutuhan kalori yang harus Anda konsumsi setiap hari.

Anda juga harus mendapatkan izin dari dokter untuk berolahraga setelah melahirkan demi mengurangi risiko permasalahan medis dan masalah kesehatan lainnya. Berikut ulasan diet aman dan sehat saat menyusui:

1. Seberapa Cepat Berat Badan Bisa Turun Saat Hamil?

Banyak faktor yang mempengaruhi penurunan badan saat hamil, di antaranya adalah metabolisme tubuh Anda, seberapa sering Anda berolahraga, seberapa banyak kenaikan berat badan selama masa kehamilan, dan lain sebagainya.
Kecepatan penurunan berat badan setiap orang berbeda-beda, bahkan beberapa wanita tidak mengalami kenaikan berat badan signifikan saat hamil dan setelah melahirkan.

Berita Terkait:  Kolam Ikan Minimalis Buatan Sendiri

Merujuk laman Healthline, secara tak sadar berat badan mengalami penurunan sekitar 5 Kg setelah melahirkan. Penurunan berat badan berasal dari bayi, plasenta, dan air ketuban. Akan tetapi, angka 5 kg tersebut bervariasi dan bergantung pada ukuran bayi.

2. Kalori yang Dibutuhkan Selama Masa Menyusui

Kebutuhan kalori yang dibutuhkan bergantung pada beberapa hal, seperti usia dan gaya hidup. Tapi untuk menjaga produksi ASI dan energi, Anda perlu mengonsumsi 450 sampai 500 kalori tambahan per hari. Berikut rujukan kalori yang dibutuhkan menurut Healthline:

Setelah mengetahui apa jenis gaya hidup Anda, kemudian Anda dapat mengidentifikasi jumlah kalori yang harus Anda makan setiap hari.

Berita Terkait:  Vaksin Kurangi Risiko Kematian Akibat Covid 19

Tentu makanan yang dikonsumsi haruslah makanan kaya sehat kaya nutrisi.

3. Makanan yang Baik Saat Diet di Masa Menyusui

Asupan sehat menjadi begitu penting untuk membantu produksi ASI yang baik sekaligus menjaga berat badan dan memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Pilih dan konsumsi makanan kaya protein seperti:

Roti gandum
Buah-buahan
Sayuran hijau
Daging tanpa lemak
Telur
Susu
Kacang-kacangan
Biji-bijian

Makan berbagai makanan saat menyusui akan mengubah rasa ASI, sehingga membuat bayi merasakan rasa berbeda yang akan membantu bayi Anda lebih mudah menerima makanan padat di kemudian hari.

Jika memiliki alergi pada makanan sehat tertentu dan ingin menggantinya dengan vitamin, konsultasikan ke dokter kandungan Anda terlebih dahulu guna mendapat kebutuhan vitamin yang tepat. (***)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: CNNI

Komentar

Rekomendasi Berita