oleh

Bupati Nelson Narsum Webinar Nasional Obrolan Lestari I

A-TIMES, LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Selasa, (23/11/21). Menjadi narasumber pada kegiatan webinar nasional Obrolan Lestari I yang merupakan bagian dari Festival Kabupaten Lestari (FKL) 2021, di Studio Kantor Badan Perencanaan Kabupaten Gorontalo.

Webinar yang mengangkat tema Peran Kolaborasi dan Pelaporan untuk Skema Insentif Daerah ini berbentuk panel eksekutif dalam mendiskusikan potensi skema insentif ke daerah dari perspektif multi pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun global.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan, Kabupaten Gorontalo sebagai anggota LTKL telah berkomitmen terhadap pembangunan lestari pada tingkat kabupaten.

Melalui deklarasi visi Kabupaten Lestari 2030. “Untuk mendukung agenda prioritas nasional menuju pembagunan berkelanjutan, berkontribusi nyata pada target nasional Indonesia serta bergotong royong dengan lintas sektor dalam mengelola sumber daya alam dengan mengunakan skema pendekatan yang memastikan peningkatan kesejahteraan masyarkat lokal,” ungkap Nelson.

Berita Terkait:  Tampil Live di TV Nasional, Nelson Paparkan Ekonomi Lestari Ala Kabgor

Lebih lanjut Nelson menambahkan, terkait inovasi daerah program perubaham iklim di Gorontalo telah diintergrasikan ke dalam Perencanaan Pembagunan dan Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 dengan alokasi dana sebesar 10% dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun anggaran Dana Desa di bidang lingkungan.

“Agar impelentasi dapat berjalan tepat dan intergrasi perencanaan pengembangan. Kabupaten Gorontalo membentuk kelompok kerja Perubuahan iklim (Pokja PI) Multipihak di tahun 2016 dan diperkuat melalui keputusan Bupati.

Sejak itu fungsi Pokja Perubahan Iklim telah diperluas untuk mencakup implementasi program Inventarisasi Gas Rumah Kaca (IGRK),” ujarnya.

Berita Terkait:  FKL Promosikan Komoditas Unggulan, Inovasi dan Kearifan Lokal

Terakhir Bupati dua periode ini mengatakan, pihaknya sudah mebentuk profair inventasi dalam mendorong investasi di Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian melalui FLTKL tersebut akan membangun kolaborasi di bidang investasi terutama UMKM menjadikan media komunikasi pemerintah.

“Kepada Pemerintah Pusat diharapkan bisa mewujudkan insentif untuk daerah untuk peningkatan ekonomi kedepan, insya allah melalui webinar obrolan lestari hari ini kondusif demi keselamatan rakyat dan pelestarian lingkungan dan momentum era kebangkitan daerah dalam 2 tahun terakhir mengalami bencana non alam maupun bencana alam,” pungkas Nelson.(***)

Editor : Amrain Razak
Layout : Didit
Sumber : Humas

Komentar

Rekomendasi Berita