oleh

Teknologi (SAOT) Pendeteksi Offside di Piala Dunia Qatar

A-TIMES,JAKARTA — Piala Dunia 2022 akan dilengkapi sistem VAR (video asisten referee) yang telah diperbarui, dengan nama teknologi pendeteksi offside semi-otomatis (Semi-Automated Offside System/SAOT).

SAOT akan menggantikan sistem VAR lama, di mana pertama kali diperkenalkan FIFA pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (4/7/2022).

Sistem baru ini memiliki 12 kamera stadion yang akan melacak posisi bola dan masing-masing pemain, termasuk 29 titik data berbeda pada anggota badan dan ekstremitas masing-masing pemain.

Selain itu, bola yang dilengkapi dengan sensor gerak bakal digunakan di setiap pertandingan, yang mana akan mengirimkan data langsung tentang posisi pemain saat ditendang.

Berita Terkait:  Pendiri Google Cabut Investasi di Tesla

FIFA meyakini SOAT akan membantu ofisial pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat pada putusan offside.

“VAR telah memiliki dampak yang sangat positif pada sepak bola dan kita dapat melihat bahwa jumlah kesalahan besar telah berkurang secara dramatis.

Kami berharap teknologi offside semi-otomatis dapat membawa kami selangkah lebih maju,” kata Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina. Menurut ESPN, sistem baru harus memangkas waktu rata-rata yang diperlukan untuk membuat keputusan offside VAR dari 70 detik menjadi 25 detik.

Sistem VAR lama menggambar garis offside secara manual dan menghitung titik tendangan. Pejabat FIFA mengklaim bahwa SAOT akan secara otomatis memilih garis offside dan titik tendangan dalam hitungan detik, menggunakan data dari bola dan data pelacakan anggota tubuh dari kamera.

Berita Terkait:  Vivo V21 Lebih Keren

Ofisial kemudian akan mengkonfirmasi setiap keputusan secara manual. Setelah setiap keputusan tercapai, animasi 3D akan ditampilkan kepada penonton yang memvisualisasikan keputusan offside.

Meskipun mungkin tampak berisiko untuk memulai debut sistem wasit virtual yang benar-benar baru di acara global seperti Piala Dunia 2022 di Qatar, versi SOAT yang lebih mendasar telah menjalani uji coba di Piala Arab tahun lalu di Qatar dan Piala Dunia Klub FIFA tahun ini.(rin/*)a

Editor   : redaksi
Layout  : syamsudin Hasan
Sumber : liputan6.com

Komentar

Rekomendasi Berita