oleh

RR Ayu Maulida Putri Goes to Miss Universe 2020

A-TIMES.ID, JAKARTA — Setelah sempat tertunda karena Pandemi Covid-19, pemilhan Miss Universe 2020 akan kembali dilanjutkan. Miss Universe 2020 akan menjadi momen berkesan bagi Ayuma, sapaan gadis asal Surabaya itu.

Sarjana hukum lulusan Universitas Airlangga yang juga dikenal sebagai model tersebut akan menjalani karantina hingga kontes dimulai pada bulan puasa sekaligus dalam masa pandemi. Sama-sama menuntutnya untuk menjaga kondisi fisik.

Ditemui usai konferensi pers Kamis sore (22/4), Ayuma menuturkan bahwa berpuasa di luar negeri sambil mengikuti kontes bukanlah kali pertama.

“Saya 2019 pas ikut Face of Asia di Korea Selatan juga lagi puasa kok,” ujarnya.

Yang penting ialah menyeimbangkan pola makan dengan kegiatan.

“Nggak boleh yang terlalu diet. Plus, dari Mustika Ratu sudah membekali dengan suplemen herbal,” katanya.

Ayuma menata jadwal makan saat karantina agar puasanya lancar meski durasinya lebih lama. Saat berbuka puasa, dia akan mengonsumsi makanan cukup gizi.

“Pas puasa, makan sehari sekali udah cukup. Untuk sahur, saya minum air putih 1–1,5 liter. Vitamin C nggak boleh lupa,” paparnya.

Tim Miss Universe Organization (MUO) selaku penyelenggara menetapkan sejumlah protokol kesehatan yang harus diikuti peserta mulai karantina hingga malam final. ’’Pokoknya, di sana bakal sangat ketat,’’ ucap perempuan 23 tahun itu.

Berita Terkait:  Nafa Urbach Diteror Pinjol

Suhu tubuh Ayuma beserta 71 kontestan lainnya akan sering dicek. Para kontestan juga harus menerapkan physical distancing. Hand sanitizer bakal disediakan di berbagai titik sehingga mudah dijangkau.

“Harus pakai masker, kecuali lagi on stage. Makanya, ini bawa stok masker banyak,” jelas Ayuma.

Rencananya, Ayuma bertolak ke Florida Selasa (27/4) mendatang. Sebelumnya, dia harus menjalani tes swab PCR sebagai salah satu syarat tim MUO untuk seluruh kontestan.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Ayuma menjalani segala persiapan. Dia sudah mendapat vaksin Covid-19 dua kali. Kegiatan dan mobilitasnya pun dibatasi sehingga tidak terlampau sering keluar ruangan dan bertemu banyak orang.

“Juga minum jamu dan suplemen,” tuturnya.

Ayuma pun semakin yakin menjalani kompetisi. Dia sudah mempersiapkan diri dengan matang. Untuk public speaking, pemilik tinggi 179 cm itu belajar dan berlatih dengan Talk Up Indonesia. Kemampuan berbahasa Inggris juga diasah dengan latihan mandiri dan bantuan Wall Street English. Di setiap kesempatan, pemenang Face of Asia 2019 tersebut memperbanyak penggunaan bahasa Inggris.

Berita Terkait:  Gisel Ditegur Tokoh NU

Ayuma telah memperkuat program pendampingan yang akan dia bawa ke platform Miss Universe. Misalnya, program Senyum Desa yang dibentuk Ayuma bersama teman-temannya pada 2017. Fokusnya adalah pembangunan dan pemberdayaan pedesaan beserta penduduknya. Juga, proyek Beautiful Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan wisata Indonesia di masa pandemi.

“Alhamdulillah didukung Pemprov Jatim dan tim yang ada di Bali serta Jawa Barat,” ungkap Ayuma.

Yang tak kalah penting adalah keterampilan catwalk ala kontes. Hal itu sangat dibutuhkan di babak preliminary, yang punya andil besar dalam penentuan Top 21 di malam final. Ke-72 peserta akan menampilkan swimsuit dan gaun malam.

Berbekal kemampuan catwalk, pengalaman sebagai model, dan latihan bersama tim YPI, Ayuma siap menampilkan performa terbaik.
Dengan segala persiapan, Ayuma pun memohon dukungan. Baik doa maupun vote. Sebab, untuk Top 21, ada satu spot yang diberikan khusus untuk peserta dengan vote tertinggi di aplikasi Miss Universe.

“Mohon doanya supaya bisa tetap sehat dan semuanya lancar sampai nanti saya selesai bertanding. Wish me luck,” imbuhnya.(*)

Editor: Amrain Razak
Layout: Syamsudin Hasan
Sumber: Jawapos

Komentar

Rekomendasi Berita