oleh

Manado Raih PPD Kota Terbaik Tingkat Provinsi Sulut

A-TIMES.ID, MANADO — Tidak hanya opini WTP empat kali dari BPK-RI. Di akhir masa jabatannya Walikota, GS Vicky Lumentut, juga mendapatkan predikat sebagai Kota Terbaik I dalam penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021 yang diserahkan Senin, (3/5) kemarin dan diterima Kepala Bapelitbang Manado, DR Lini Tambajong.

Walikota pada kesempatan tersebut mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut atas penilaian yang diberikan.

“Sekarang ini yang paling penting adalah mengajak teman-teman organisasi perangkat daerah (OPD) untuk merealisasikan pekerjaan dan program yang telah direncanakan,” kata GSVL, sapaan akrab walikota dua periode ini.

Berita Terkait:  Gerindra Manado Gelar Vaksin, Sualang Beri Apresiasi

Sementara Kepala Bapelitbang Manado, DR Lini Tambajong menjelaskan beberapa program yang telah direncanakan Pemkot Manado terkait dengan daya ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), properti dan konstruksi menjadi penilaian dalam PPD Sulut.

“Ada tiga kriteria aspek yang jadi penilaian yang dilakukan terhadap dokumen perencanaan RKPD, presentasi, wawancara, dan verifikasi lapangan,” terangnya.

Lini menambahkan, yang jadi penilaian pertama meliputi pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, kemiskinan, indeks pembangunan manusia (IPM), ketimpangan, kualitas pelayanan public, keamanan dan ketertiban, pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabilitas, serta capaian pembangunan spesifik daerah.

Berita Terkait:  Manado Turun Level 3, Wawali Ingatkan Prokes

“Kemudian aspek kualitas dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang meliputi penyusunan RKPD dan keterlibatan stakeholders serta aspek inovasi daerah. Dan yang ketiga didasarkan pada kebijakan setiap daerah untuk penanganan Covid-19. Untuk kriteria ini khusus ada di PPD tahun 2021,” tutup wanita enerjik ini. (***)

Editor/ layout: Saleh Nggiu
Layout: Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita