oleh

Kolam Ikan Minimalis Buatan Sendiri

A-TIMES.ID, JAKARTA – Jika punya sisa lahan di halaman, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat kolam ikan. Tak perlu lahan luas, kolam ikan juga bisa dibuat dengan konsep minimalis.

Untuk membuat kolam ikan minimalis, Anda bisa membuatnya sendiri. Ada lima langkah mudah untuk membuat kolam ikan di rumah.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolam ikan minimalis di rumah: sekop, selang taman, terpal liner, papan kayu, batu bata, pasir.

1. Gali lubang

Untuk membuat kolam ikan adalah menggali lubang. Sebelum menggali, Anda bisa menggunakan selang air untuk memperkirakan bentuk kolam yang diinginkan.

Sebaiknya gali lubang tak lebih dari 50 cm. Galilah sisi lurus ke bawah, tetaplah berhati-hati dan jangan sampai merusak bagian dinding agar kolam ikan menjadi kokoh. Selagi menggali, cek juga batu dan akar yang berpotensi menghancurkan lapisan kolam.

Setelah mengikis dengan sekop, raba kembali seluruh area kolam dan coba gali lagi bebatuan kecil lagi dengan sekop sampai semua dipastikan rata sempurna.

Berita Terkait:  Percantik Rumah, Hobi Baru Selama Pandemi

Gunakan papan kayu di bagian permukaan air untuk memastikan sisi yang dibuat sejajar dengan kolam. Selanjutnya, tempatkan alas di dalam lubang. Anda bisa gunakan pasir di bagian tepi atau gunakan koran lembap atau karpet.

2. Pasang Terpal liner di lubang

Setelah selesai menggali lubang, langkah selanjutnya Anda harus meletakkan terpal liner (kain terpal plastik yang berwarna biru) di atas lubang. Usahakan untuk tidak menyeret liner terlalu banyak agar tampilan lebih rapi.

Dorong dengan lembut ke semua sudut, Bunda. Bunda mungkin membutuhkan selotip untuk merekatkan beberapa lipatan. Setelahnya, gunakan batu bata atau batu lainnya untuk menahan liner tetap rapi di sekeliling kolam.

3. Memasukkan air

Setelah terpal liner selesai dipasang, Anda harus memasukkan air ke dalamnya. Isi kolam mulai sampai setengah penuh. Kemudian, bersiaplah untuk melepas liner dengan perlahan agar bentuk tak rusak.

Berita Terkait:  Wanita Karir yang Tetap Eksis dengan Aktivitas Sosial Keagamaan

Letakkan lapisan batu bata. Tujuan pembuatan batu bata adalah untuk mengatur ketinggian air sehingga tidak ada lagi lipatan buruk di kolam.

4. Amankan liner

Setelah aman, lepaskan liner dengan hati2 ke belakang lapisan batu bata. Namun perhatikan apakah Anda akan memakai pompa kolam atau tidak. Jika memasang pompa Anda harus perhatikan agar kabel tetap aman.

5. Gunakan batu

Batu bisa dipakai untuk membuat kolam lebih aestetik. Namun lebih dari itu, batu-batu ini juga berperan untuk menutupi lapisan batu bata.

Sebagai sentuhan akhir, selama 24 jam biarkan semen mengering dan batu bata serta bebatuan tidak mengendap. Tunggu setidaknya selama dua hari sebelum mengisi kolam dengan ikan-ikan yang cantik. (***)

Komentar

Rekomendasi Berita