oleh

First Lady: Harus Unggul di AKU HATINYA PKK

A-TIMES, BITUNG – Tim Penggerak PKK Kota Bitung mengikuti Lomba Aku Hatinya PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (4/11/2021). PKK Bitung mengandalkan Kampung Hatinya PKK Kelurahan Girian Bawah untuk mewakili Kota Bitung.

Ketua PKK Rita Mantiri Tangkudung menargetkan prestasi di lomba yang digelar TP PKK Sulut. “Selain lomba juga untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga, mendukung penanggulangan Covid 19 dan penurunan angka stunting,”kata first lady Kota Bitung.

Kata Rita, melalui Gerakan Aku Hatinya PKK berguna juga merintis destinasi wisata lewat Kampung Aku Hatinya PKK yang berciri khas daerah dengan metode urban farming.

Berita Terkait:  Satgas Covid Kecamatan Sidak Penumpang Bus

Ciri khas Kampung Hatinya Bitung memasyarakatkan diversifikasi pangan dan pemanfaatan pangan lokal untuk kebutuhan sehari-hari serta meningkatkan pendapatan dan gizi keluarga. Kegiatan unggulan Aku Hatinya PKK, berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perkim.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memanfaatkan pekarangan sebagai lumbung hidup, warung hidup, Toga (Tanaman obat keluarga) serta kolam ikan dan peternakan. Dinamakan lumbung hidup lantaran sewaktu-waktu kebutuhan pangan pokok seperti beras, jagung, umbi-umbian dan sebagaiya terseda di pekarangan.

Berita Terkait:  Honandar Apresiasi Vaksinasi TNI AU dan Danlanudsri

Bahan-bahan tersebut disimpan dan tertata dalam pekarangan, pada saatnya nanti dapat dipanen dan dinikmati oleh keluarga.

“Dengan Hatinya PKK dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga dengan pemanfaatan pekarangan dengan menanam lumbung hidup, warung hidup, toga, tanaman hias, perikanan dan peternakan,” ujar istri tercinta Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.(*)

Peliput/Editor : Lily Paputungan
Layout              : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita