Antisipasi Penyebaran Penyakit Pasca Bencana, Baznas Manado Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis

A-TIMES, MANADO—Hingga kini, akibat terjangan banjir dan tanah longsor di Kota Manado, Jumat 27 Januari 2023 lalu, masih menyimpan duka yang dalam. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Manado pun telah cepat tanggap melakukan aksi menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana. Senin (30/01/2023) kemarin Banznas Manado membuka Posko Pemeriksaan Kesehatan.

Ketua Baznas Manado, Taufiq Permata SE mengatakan bahwa Posko Pemeriksaan Kesehatan ini guna mengantisipasi penyebaran penyakit pasca bencana. “Data dari Tim Kesehatan telah melakukan pemeriksaan di Kelurahan Malendeng, kurang lebih sekitar 50-an masyarakat terserang beberapa penyakit yakni ISPA, alergi kulit, hipertensi dan penyakit bawaan lainnya. Penyakit tersebut kambuh saat terjadi bencana,” ujar Taufiq meneruskan penyampaian Kepala Puskesmas Paal Dua, dr Debra Rumengan.

Berita Terkait:  First Lady Manado Ikuti Doa Bersama Lintas Agama

Taufiq juga menambahkan, Posko Kesehatan Baznas Manado ini nantinya akan tersebar dibeberapa titik lokasi bencana yang ada di Kota Manado. “Pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak bencana sangat penting. Kondisi saat ini ditambah dengan masyarakat lelah akibat harus membersihkan rumah. Oleh karena itu Baznas Manado hadir untuk melakukan aksi pemeriksaan kesehatan dan layanan pengobatan gratis untuk masyarakat yang terdampak bencana alam,” tegasnya.

Berita Terkait:  Walikota Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Renovasi Rumah Tak Layak Huni

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan pelayanan dan pengobatan gratis tersebut nampak Lurah Malendeng, Anwar Halidu SPi, Ketua PKK Lingkungan 7 dan Wakil Ketua II Komisioner Baznas Kota Manado, Hadi Prestasi , ST MM.(***)

Komentar