oleh

10 Manfaat Urang Aring

A-TIMES.ID, JAKARTA – Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata urang-aring? Biasanya orang tahu urang-aring sebagai minyak rambut karena baunya yang khas. Tapi ada manfaat urang-aring untuk kesehatan.

Urang-aring adalah sejenis tumbuhan liar yang kebanyakan ditemukan sebagai gulma. Tumbuhan yang memiliki nama latin Eclipta alba Hassk ini terkenal karena manfaatnya sebagai penyubur rambut. Selain itu, urang-aring juga memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat.

Urang aring memiliki zat pewarna hitam sehingga dapat membuat rambut terlihat lebih hitam. Cairan sari urang-aring digunakan untuk menghitamkan rambut dan membuat tato.

Daun urang-aring dapat diremas dalam air lalu digunakan untuk mendinginkan kepala dan menyuburkan rambut. Cairan urang-aring biasanya dioleskan pada kepala bayi agar lekas mendapatkan rambut yang hitam dan lebat.

Dalam dunia pengobatan, gulma hijau dengan bunga putih ini juga punya manfaat urang-aring untuk kesehatan. Dalam ilmu pengobatan India, urang-aring dipercaya memiliki khasiat panjang umur dan awet muda.

Ada pula penelitian belakangan ini yang menunjukkan bahwa urang-aring memiliki daya pengobatan terhadap gangguan hati dan lambung.

Berita Terkait:  8 Tanaman Hias Penghilang Bau Toilet

Mengutip buku Petunjuk dan Saran Pengobatan Tradisional Tanaman Berkhasiat Indonesia dari J. Kloppenburgh-Versteegh, berikut manfaat urang-aring untuk kesehatan.

1. Mengobati hemoroid (wasir)

Bagi penderita hemoroid atau wasir, Anda bisa mencoba ramuan yang terbuat urang-aring dan campuran herbal lainnya.

2. Untuk mencuci rambut

Urang-aring dalam air atau dalam minyak kelapa dapat dipakai untuk mencuci rambut. Ramuan ini dapat menjadikan rambut hitam dan halus.

3. Mengatasi keram perut atau kejang perut

Manfaat urang-aring untuk kesehatan juga bisa untuk atasi keram atau kejang perut. Buatlah tapal dari urang-aring pada perut, itu akan membantu meringankan keram dan kejang perut.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Urang aring mengandung magnesium yang dikenal sebagai penenang. Minyak ini bisa membantu menenangkan otot tegang, meningkatkan mood, sekaligus memperbaiki kualitas tidur Anda.

5. Membantu mencegah infeksi saluran kemih

Sifat antimikroba urang aring dapat membantu mengobati ISK, yang paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri.

Berita Terkait:  Deretan Sejarah Islam di Bulan Safar

6. Detoksifikasi hati

Mengutip Healthline, jus dari daun tanaman urang-aring (false daisy) digunakan sebagai tonik hati dalam pengobatan Ayurveda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ramuan tersebut dapat membantu pembentukan sel hati.

7. Membantu menenangkan kulit yang meradang

Minyak urang-aring melembapkan dan dapat membantu mengatasi kulit kering. Bhringraj adalah anti-inflamasi, jadi bila dioleskan ke kulit, ini dapat membantu mengobati peradangan kulit seperti psoriasis, dermatitis, dan beberapa jenis jerawat.

8. Mengobati sakit kepala

Magnesium juga dikenal dapat mencegah sakit kepala dan migrain.

9. Menetralkan racun ular berbisa

Sebuah studi 2014Trusted Source menunjukkan bhringraj efektif menetralkan efek mematikan dari bisa ular berbisa ketika jus tanaman dicerna.

10. Dapat meningkatkan kehilangan memori terkait Alzheimer

Manfaat urang-aring juga disebut efektif untuk alzheimer. Sebuah studi 2014 yang berbeda menemukan bahwa ketika urang-aring (disebut dalam penelitian dengan nama ilmiahnya, Eclipta alba) dikombinasikan dengan ashwagandha (juga ramuan), bisa meningkatkan “aktivitas mitokondria” di otak tikus yang diinduksi penyakit Alzheimer di otak mereka. (***)

Komentar

Rekomendasi Berita