oleh

Walikota Ingatkan Warga Waspada Omicron

A-TIMES, MANADO – Varian terbaru covid-19 yakni varian omicron menjadi perhatian serius Walikota Manado, Andrei Angouw. Hal ini membuat orang nomor satu di Kota Manado ini terus mengingatkan warganya untuk meningkatkan kewaspadaan dan terus memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) sehubungan dengan adanya informasi terbaru dari Badan Organisasi Kesehatan Dunia WHO.

Walikota meminta, varian Omicron atau B.1.1.529 walaupun belum ada informasi secara detail, warga Kota Manado diminta untuk tetap menjalankan prokes covid-19.

“Saya meminta warga untuk  memberikan perhatian khusus karena virus covid-19 kini telah bermutasi  yang imbasnya bisa berdampak pada tingkat penyebaran atau keparahan penyakit yang ditimbulkan,” terangnya.

Berita Terkait:  Wawali Ajak Tokoh Umat Bersatu Bangun Manado

Lanjut walikota, jumlah orang yang dites positif telah meningkat di wilayah Afrika Selatan sebagai wilayah yang terkena varian ini. “Tingkat keparahan penyakit ini terlihat dengan adanya data awal  yang menunjukkan pada peningkatan tingkat rawat inap di Afrika Selatan. Semua varian covid-19 dapat menyebabkan penyakit parah atau kematian, khususnya bagi orang yang paling rentan,” jelasnya.

Suami tercinta Irene Golda Angouw Pinontoan yang juga Ketua TP PKK Kota Manado ini mengatakan,  bukti awal menunjukkan bahwa mungkin ada peningkatan risiko infeksi ulang bagi penyintas dengan varian Omicron dibandingkan varian lainnya. “WHO sendiri masih meneliti hal tersebut. Namun vaksin tetap penting untuk mengurangi penyakit parah dan kematian,” ajak Andrei. Walikota menghimbau langkah paling efektif mencegah penularan covid-19 apapun variannya  adalah menjaga protokol kesehatan.

Berita Terkait:  Pemkot Manado Fungsikan Sistim Pembayaran Keuangan Online

“Hindari kerumumunan, ventilasi ruangan yang baik serta vaksinasi bila sudah gilirannya. Ini sangat penting sekali. Untuk menjadi pandemi virus ini kita semua harus dilakukan vaksinasi sebagai langkah pencegahan virus ini berkembang. Kalau kita tidak divaksin maka akan sangat rentan untuk terkontaminasi virus. Jadi saya minta kita jangan takut  disuntik vaksin. Justru akan lebih membuat kita aman kalau semua sudah divaksin,” tutupnya.(***)

Peliput/Editor : Saleh Nggiu
Layout             : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita