oleh

Suport Transformasi Digital, Kemkominfo RI Gelar Networking Hub .Id

A-TIMES, MANADO – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Networking Session(Roadahow) IX-HUB.ID di Hotel Four Points Manado. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Startup HUB.ID di antaranya, Opsigo, Ledgernow, Mounev, Teman Pasar dan Satu Tampa dan Media.

Direktur Ekonomi Digital I Nyoman Adhiama menjelaskan HUB.ID adalah sebuah program untuk mengakselerasi startup digital dengan seluruh inovasi teknologi dan model bisnis. Kominfo berharap semuanya bertemu dengan kebutuhan inovasi dari berbagai pemangku kepentingan seperti BUMN, korporasi swasta, instansi pemerintah, dan investor.

“Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Ekonomi Digital memiliki tugas untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor strategis, yakni Pertanian dan Perikanan,perdagangan Kesehatan, Logistik, Pariwisata, Pendidikan, Keuangan, dan Smart City,” kata I Nyoman Adhiama.

Berita Terkait:  Tanggapi Dinamika, Djelantik: Bantu CEP, Kita Harus Menang Pemilu 2024

Sementara itu Luas Sihombing dari Kemenkomnfo RI mengatakan sharing data dalam dunia keterbukaan informasi sangat penting. ” Sayangnya di Indonesia masih banyak yang bergantung dengan sistem manual,” paparnya.

Padahal Jokowi sudah menginstruksikan semua harus serba cepat gesit lincah dan solusinya adalah penguasaan tekhnologi digital. ” Jadi saat ini eranya digitalisasi bekerja secara sistem digital,” tambahnya.

Narasumber lainnya mengungkapkan pasar tradisional sangat menjanjikan termasuk di Manado.Pihaknya akan mencoba dengan menerapkan sistem digital. Pertumbuhan passr dengan mal mal dan retail lainnya ketimpangannya sangat jauh.

Berita Terkait:  KPU Sulut Sosialisasikan 3 SOP

” Kedepan kita akan join dengan menggunakan aplikasi dan tujuannya kita berdayakan pedagang tradisional dengan sistem yang serba cepat dan tepat .” dengan begitu pasarnya ramai. Pedagangnya untung,” tambah Abdul Manaf.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan nama HUB.ID. Program ini dijalankan oleh Direktorat Ekonomi Digital yang berada di bawah struktur Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kemkominfo HUB.ID dikelola dengan menunjuk PT. Sanraya Adi Nattaya (GOERS) sebagai operator dan didukung oleh PT. Metra Digital Investama (MDI).(*)

Peliput/Editor : Lily Paputungan
Layout              : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita