oleh

Sukses Diloby Gubernur OD, Sulut Segera Miliki Politeknik Pariwisata

A-TIMES,MANADO — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, akhirnya merestui pembangunan kampus Politeknik Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam kajian dan risetnya, pihak kementerian menyetujui permintaan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, untuk membangun infrastruktur Vokasi di Bumi Nyiur Melambai.

Usaha untuk membangun Poltekpar di Sulut sebenarnya sudah dilakukan sejak 2014 silam, namun baru terwujud saat ini. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, mengungkapkan Politeknik Pariwisata ini nantinya akan dibangun di atas 20 hektar lahan yang dihibahkan oleh Pemprov Sulut kepada Kementerian Pariwisata, yakni di Desa Kalasey, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.

Perguruan tinggi serupa, kata OD sebelumnya telah dibangun di beberapa Provinsi diantaranya: Sekolah Tinggi Pariwisata (Bandung), Poltekpar Bali, Medan, Palembang, Makassar dan Lombok).

Berita Terkait:  PPKM Level III; Bupati Nelson Kucurkan Bantuan Beras, BLT dan BST

Lanjut dikatakan OD, Sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan penyumbang Devisa bagi negara, termasuk pemerintah daerah yang memililki aneka ragam untuk menghasilkan Devisa Negara, termasuk Pemerintah Daerah yang memiliki beragam destinasi wisata.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat konsern dan memberikan perhatian utama bagi pengembangan SDM, apalagi dengan ditetapkannya Provinsi Sulut sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) tujuan wisata di Indonesia lewat diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 84 tahun 2019, yang menjadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang sebagai Zona Pariwisata,” terang OD.

Dengan keunggulan geo ekonomi dan orientasi geografis yang strategies, kehadiran Poltekpar nantinya akan banyak melahirkan Tenaga Kerja Kepariwisataan yang siap pakai pada dunia usaha khususnya bidang pariwisata.

Berita Terkait:  Gubernur OD Raih Reward BPS Untuk Daerah (PE) Terbaik

“Pendirian Poltekpar ini, juga sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Sulut dalam meningkatkan kualitas SDM Kepariwisataan secara Profesional, berkompeten, baik dari aspek Kualitas maupun Kuantitas yang berdaya saing,” terang Gubernur dua periode Olly Dondokambey.

Adapun Jurusan yang akan di kembangkan di Kampus Poltekpar Manado yakni: Jurusan Hospitaliti dengan 6(enam) Program Studi(Prodi). Diantaranya ; Prodi Bisnis Hospitaliti (BHP), Prodi Managemen Tata Boga(MTB), Prodi Manajemen Divisi Kamar(MDK), Prodi Administrasi Perhotelan(ADH), dan Prodi Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH).

Terdapat pula Jurusan Perjalanan, dengan 2 Prodi yaitu : Prodi Manajemen Bisnis Perjalanan(MBP), serta Prodi Managemen Konvensi dan Perhelatan(MKH). Berikutnya adalah Jurusan Kepariwisataan dengan 2 Prodi yakni ; Prodi Managemen Kepariwisataan (MKP) juga Prodi Destinasi Pariwisata(MDP).(***)

Peliput : Lily Paputungan
Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita