Stunting Musuh Utama ODSK, Wagub Ditunjuk Komandan Lapangan

A-TIMES,MANADO—Kasus stunting jadi momok untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut. Gubernur Sulut Olly Dondokambey menugaskan secara khusus kepada Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E Kandouw untuk jadi komandan penurunan angka stunting.

Sebagai ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Sulawesi Utara, SK sapaan akrab wagub mengatakan Tahun 2023 ini akan melakukan Safari Stunting di semua Kabupaten/Kota di Sulut. Targetnya membantu pemkab dan pemkot mempercepat penurunan stunting di Provinsi Sulut,

“Kebetulan saya sebagai Ketua Tim Penurunan Stunting akan lebih masive lagi tahun ini kita akan turun ke Kabupaten/kota karena walaupun secara defacto tahun lalu terjadi penurunan tetapi tetap masih ada,” ujar Wagub yang didampingi Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara, Ir Diano Tino Tandaju MErg di Lobi Kantor Gubernur, Jumat (24/3/2023).

Berita Terkait:  Gubernur Gaungkan Torang Samua Ciptaan Tuhan Dihadapan FKUB se-Indonesia

Menurutnya tahun ini akan memulai kunjungan ke Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) agar penurunan stunting di Boltim dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

“Ini upaya-upaya kita agar lebih baik dari tahun-tahun kemarin walaupun ada evaluasi, Pak Presiden selalu memonitor 2 hal yaitu inflasi dan stunting disetiap rapat kerja ataupun rakor hanya dua hal ini yang selalu dipertanyakan jadi terkait dengan hal ini kita tidak boleh lalai,” terang Wagub.(*)

Kepala BKKBN Sulut Diano Tino Tandaju mengaku terbantu atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulut untuk penurunan stunting. Dia mengaku  dalam waktu dekat mengemas Program Safari Stunting ke daerah-daerah.

“Dalam waktu dekat kita sudah melapor pada Pak Wagub bahwa nanti kita akan melakukan Safari Stunting dan daerah pertama yang akan kita tujuh adalah daerah Bolaang Mongondow Timur, karena untuk Boltim kenaikannya yang paling tinggi yaitu 30 persen,” terang Tino Tandaju.

Berita Terkait:  Wawali RS Dampingi Gubernur OD Inspeksi Pasar Bersehati

Menurutnya dia telah melapor pada Wagub selaku Ketua TPPS Provinsi bahwa BKKBN Sulut telah melakukan pertemuan untuk melakukan evaluasi dengan semua Ketua TPPS Kabupaten/Kota se-Sulut yang dilaksanakan pada tanggal 21 Centra Hotel,

“Jadi semua Wakil Bupati/Wakil Walikota melakukan presentasi capaian Kabupaten/Kota ini merupakan kolaborasi dengan Bappeda Sulut, mudah-mudahan kedepan kita berharap Sulut akan turun dengan cepat menyaingi Denpasar Bali yang sudah 14 persentapi kami optimis dengan bergabungnya TNI, akhir tahun 2023 Sulut berada di 12 persen” katanya.(*)

Komentar