Siapkan Rp 5 Miliar,BI Gencar Sosialisasi CBP Hingga dilima Pulau Terluar

 

PROAKTIF: Kepala BI Sulut Andry Prasmuko dan pihak terkait usai melakukan ERB dipulau terluar((*)

banner

A–TIMES,MANADO–Bank Indonesia terus melakukan sosialisasi cinta Rupiah di seluruh Indonesia termasuk daerah kepulauan. Ini juga intens di lakukan Bank Indonesia perwakilan Sulut. Selasa(4/6/2924) BI melakukan  Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) tahun 2024 yang merupakan sinergi antara Bank Indonesia Sulawesi Utara dengan Lantamal VIII, Dinas Pendidikan Sulut dan BPMP Sulut dilepas dari Satrol Lantamal VIII Bitung,  Ekspedisi itu akan   mengunjungi Pulau Miangas, Pulau Karakelang, Pulau Kawaluso, Pulau Sangihe, dan Pulau Tagulandang. Modal kerja yang dibawa oleh Tim ERB sebesar Rp5 Miliar. Sosialisasi  Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan Literasi Pendidikan, yaitu Edukasi fungsi dan peran Uang Rupiah dalam arti dan makna yang lebih luas, untuk menjadikannya satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI, baik dalam bentuk tunai, non tunai maupun transaksi digital, serta konsultasi Klinik Pendidikan, pemulihan Pembelajaran,” jelas Kepala BI Sulut Andry Prasmuko.

Agenda  tersebut  Penukaran Uang Layak Edar (ULE): Menyerap uang tidak layak edar dari masyarakat dan perbankan dengan berbagai pecahan, untuk digantikan dengan uang fresh/layak edar. BI juga melakukqn penyerahan  Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Penyerahan bantuan sebesar Rp700 juta ke Kepulauan, termasuk Rp300 juta diantaranya untuk bencana alam Pulau Tagulandang, berbentuk sembako, peralatan olahraga, dan alat musik, buku-buku pengetahuan, dan untuk Tagulandang diantaranya seng, terpal, obat-obatan yang terkena musibah Gn Ruang, serta dari BPMP dan Dinas Pendidikan yang membagikan buku-buku bacaan berkualitas. Prasmuko menambahkan  BI menyediakan  Rp5 Miliar modal kerja dibawa untuk menjaga ketersediaan uang layak edar dan menarik uang lusuh dari masyarakat di Pulau Miangas, Pulau Kakarotan, Pulau Karakelang, Pulau Kawaluso dan Pulau Tagulandang. ” ERB ini juga digelar sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah untuk meningkatkan literasi dan awareness masyarakat kepulaun akan uang Rupiah, serta kegiatan Literasi Pendidikan oleh BPMP dan Dinas Pendidikan,” katanya.

Berita Terkait:  Manado Inflasi 0,68 Persen cabe Rawuit Penyumbang terbesar 

Kegiatan ERB ini menurutnya merupakan rangkaian kegiatan sinergi KPw BI Prov. Sulawesi Utara, bersama Dinas Pendidikan, BPMP Provinsi Sulawesi Utara, untuk meningkatkan kualitas SDM Sulawesi Utara dalam perluasan literasi keuangan di Sulut.

Berita Terkait:  BI Dorong Kelompok Tani Berkah Penuhi Kebutuhan Komoditas di Kotamobagu

Sinergi tersebut diwujudkan dalam kegiatan Goes to School Championship: Mapalus Pendidikan Tahun 2024. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 6.000 pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik dari berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

Bank Indonesia menggaungkan kampanye Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah kepada seluruh pelajar, yang dimulai sejak PAUD, SD, SMA/SMK, hingga Perguruan Tinggi, dan juga kepada tenaga pendidik. Rangkaian kegiatan Goes to School Championship: Mapalus Pendidikan Tahun 2024 dimulai pada Jumat, 31 Mei 2024 sampai dengan Sabtu, 1 Juni 2024. Sebelumnya digelar jalanan Sehat, berbagai lomba antar siswa hingga mahasiswa dialog Pendidikan dan agenda lainnya. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Femmy Suluh, Dirjen Paud Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek RI Dr. Iwan Syahril Ph.D dan lainnya.(*)

Komentar