oleh

Selamat ! Indonesia Juara Piala Thomas 2020

A-TIMES, JAKARTA – Perjuangan tim Piala Thomas Indonesia berbuah manis. Jonatan Christie dan kawan-kawan, sukses mengandaskan ambisi tim Piala Thomas China.

Indonesia menang 3 – 0 oleh atas China, pada partai final yang berlangsung di Ceres Arena, Minggu (17/10/2021).

Kemenangan Tim Piala Thomas Indonesia ini sekaligus menghapus dahaga panjang selama 18 tahun.

Indonesia terakhir memenangkan Piala Thomas yang digelar setiap dua tahunan itu pada 2002 silam. Setelah itu tak pernah lagi juara.

Demikian halnya dengan Piala Uber. Padahal Indonesia negara yang paling sering memgawinlan Piala Thomas dan Uber.

Melirik sejarah, pada tahun 1994, Tim putra dan putri Indonesia berhasil mengawinkan dua piala tersebut. Tim Putra Indonesia berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya, Malaysia.

Berita Terkait:  MU Terjungkal di Old Traford

Kemenangan berhasil mulus diraih oleh atlet-atlet andalan Indonesia saat itu seperti Hariyanto Arbi yang mampu mengalahkan Rashid Sidek dalam dua set langsung.

Selanjutnya pasangan Gunawan/Bambang juga menyumbang poin. Kemudian, kemenangan Indonesia dipastikan oleh Ardy B. Wiranata.

Selanjutnya, Tim Putri Indonesia bertemu lawan tangguh yakni China saat itu. Susy Susanti yang jadi andalan Indonesia, berhasil menyumbangkan poin pertama bagi Indonesia.

Keunggulan Indonesia melebar setelah ganda Finarsih/Lily Tampi juga menang.

Tapi, China tak mau menyerah begitu saja. Mereka mampu menyamakan kedudukan setelah Han Jingna dan Gei Fei/Gu Jun berhasil menyumbangkan poin.

Berita Terkait:  Euro 2020; Skenario Menuju 16 Besar

Penentu kemenangan saat itu adalah Mia Audina, yang harus memenangi laga kontra Zhang Ning untuk mengantar Indonesia merengkuh gelar Piala Uber.

Beruntung, Mia berhasil menang, melalui pertarungan ketat tiga set. Pertandingan dimenangi Mia dengan skor 11-7, 10-12, dan 11-4. Gelar Piala Uber pun kembali ke Tanah Air.

Piala Thomas dan Uber 1996

Dua tahun setelahnya, Indonesia kembali mengulang prestasi dengan mengawinkan lagi Piala Thomas dan Uber. Di partai final, Tim Putri Indonesia kembali berhadapan dengan China. (***)

Editor     : Amrain Razak
Layout    : Didit
Sumber  : Detik

Komentar

Rekomendasi Berita