oleh

OD Paparkan Proyek KEK Likupang Depan Panja DPR RI

A-TIMES,MANADO — Delegasi Panitia Kerja (Panja)  Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Senin (6/12/2021) berkunjung ke Pemprov Sulut. Rombongan kecil itu disambut Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bersama jajaran pejabat Pemprov Sulut.

” Terima kasih kedatangan bapak/ibu. Mudah-mudahan hasil kunjungan ini mendorong pembangunan berkelanjutan di Sulawesi Utara, khususnya menyangkut wilayah pariwisata yang akan menjadi kunjungan turis mancanegara,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey, mengawali sambutannya. Gubernur menyebut harapannya agar pembangunan berkelanjutan bisa dirasakan masyarakat.

Kita membangun secara berkelanjutan, sehingga manfaat itu bisa dirasakan masyarakat Sulawesi Utara dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Mantan Banggar  DPR RI ini memaparkan perkembangan proyek strategis pemerintah pusat di Sulut, seperti KEK Pariwisata Likupang. Pemerintah sudah membangun terlebih dahulu sarana dan prasarana.

Berita Terkait:  Pemprov Bidik Delapan WTP

Ada 309 rumah dibangun sebagai homestay. Sudah selesai dibangun dan sudah sebagian dipergunakan.

“Masyarakat sudah ikut merasakan manfaat pembangunan dengan kedatangan para turis,” paparnya. Begitu juga KEK Bitung yang dikhususkan untuk industri perikanan yang dampaknya mulai terlihat dengan masuknya para investor.

Sementara itu, Ketua Panja BKSAP DPR RI, Sihar Sitorus menjelaskan kehadirannya di Sulut untuk melihat pencapaian Tujuan Pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kenapa kita melakukan kunjungan ke Sulawesi Utara terkait SDGs, ada satu hal urgensi yang harus kita kejar. Banyak negara termasuk Indonesia sepakat menyelesaikan SDGs di tahun 2030. Hanya memiliki waktu sepuluh tahun ini menjadi pekerjaan besar kita semua,” jelasnya. Ia menuturkan dalam mencapai SDGs, pihaknya harus menggolkan sebanyak 17 tujuan pembangunan berkelanjutan.

Berita Terkait:  Gubernur OD Apresiasi Peran Buruh

“Terbagi atas empat pilar, yakni pilar sosial ada 5 tujuan, pilar pembangunan ekonomi 5 tujuan, pilar pembangunan lingkungan 6 tujuan serta pilar hukum dan tata kelola 1 tujuan,” tandasnya.

Hadir dalam pertemuan ini diantaranya anggota Panja I Made Urip, Effendy Sianipar, Heru Widodo, Muslim, Sakinah Al Jufri, Arzeti Bilbina. Sementara dari Pemprov Sulut ikut dihadiri Penjabat Sekdaprov Sulut Asiano Gamy Kawatu, Staf Ahli Gubernur Christiano Talumepa, Kepala Disperindag Sulut Edwin Kindangen, Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Katjily, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marly Gumalag, Kepala Bappeda Sulut Jenny Karouw, Kepala Dinas Pendidikan Sulut Grace Punuh dan lainnya.(*)

Peliput : Lily Paputungan
Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita