oleh

OD Minta STQH XXVI Sulut Digelar Protap

A-TIMES.ID, MANADO – Syukur alhamdulillah, tekad pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis Nabi (STQH) XXVI terlaksana, Selasa (22/6) siang di Wisma Haji, Manado.

STQH tahun ini mengusung tema “Nilai Qur’ani Membangun Harmoni dan Toleransi Dalam Pluralitas Masyarakat Sulawesi Utara Menuju Indonesia Negara Maju”.

Sayang pembukaan tidak bisa dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Ketua PDIP Sulut berhalangan hadir. Gubernur mewakilkan kepada Asisten 2 Setprov Sulut Praseno Hadi.

Saat sambukan, Ketua LPTQ Sulut H. Adnan Mandiri kelihatan lega, karena sebelumnya ada rasa khawatir, lomba yang ditunggu tunggu para qori dan penghafal hadits akan tunda, gara-gara suasana covid 19.

“Kita menyadari STQH tahun ini berbeda dengan STQ ke-XXV tahun 2019. Karena STQH tahun ini kita laksanakan dalam suasana pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak bulan Maret tahun 2020 dan masih kita rasakan sehingga kegiatan pun dilaksanakan dengan memperhatikan protap covid 19,” ucap Mandiri.

Berita Terkait:  AARS Seriusi Konflik Tata Batas Bunaken Kepulauan

Adnan menambahkan lomba ini bisa digelar dengan konsekuensi pengurangan jumlah dewan Hakim dan panitera, pengurangan personil kepanitiaan, official pendamping serta pengurangan jumlah undangan yang hadir dalam kegiatan ini.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Sulut Praseno Hadi menyambut baik dan merespon positif sekaligus mengucapkan selamat atas kegiatan yang akan dilaksanakan hingga tanggal 24 Juni ini.

“Selamat mengikuti STQH ke-XXVI kepada para peserta sekalian dengan harapan kegiatan ini akan mampu memberikan dampak bagi peningkatan kualitas manusia di Sulut,” ungkap Gubernur.

Hadi yang membacakan sambutan Gubernur, di pahami bersama bahwa pelaksanaan STQH ini merupakan salah satu kegiatan yang konstruktif dan bernilai penting bagi umat muslim.

“Karena dapat menjadi media untuk meningkatkan pola pikir dan membudayakan kebiasaan umat muslim Gemar Membaca Alquran dan hadis serta senantiasa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran sebagai pedoman dan tuntutan bagi kehidupan di dunia,” ujarnya.

Berita Terkait:  OD Hadiri Pengukuhan SK Sebagai Ketua KONI Sulut

Ketua panitia pelaksana STQH ke XXVI Kalo Tahirun mengatakan, kegiatan ini untuk menyeleksi dan menetapkan peserta terbaik yang nantinya menjadi duta Sulawesi Utara ke tingkat nasional yang insya Allah akan dilaksanakan pada 16 sampai 25 Oktober 2021 di Maluku Utara

“Peserta yang akan ikut dalam perlombaan ini berasal dari Kabupaten Kota se Sulut yang berjumlah 97 orang ditambah dengan pendamping official yang sudah rapid test,” pungkasnya.

Seperti diketahui cabang lomba Tilawah Golongan Dewasa dan anak-anak. Tahfiz Gololongan 10, 20 dan 30 Juz. Golongan 1 Juz dan Tilawah. Golongan 5 Juz dan Tilawah. Golongan Tafsir Bahasa Arab.

Hadir pada kegiatan ini Kakanwil Kemenag Sulut H Anwar Abubakar, didampingi Ketua LPTQ Sulut H. Adnan Mandiri, Ketua dewan Hakim KH Abdul Wahab Abdul Ghafur Lc, Sekertaris Umum LPTQ yang juga Kabid Bimas Islam H Ulyas Taha, Forkompinda Sulut, serta Bupati dan Wali Kota atau yang mewakil. (AT)

Komentar

Rekomendasi Berita