oleh

Menteri PPPA Bintang Puspayoga Apresiasi Puncak Acara Dies Natalis FH Unsrat

Peliput/Editor: Lily Paputungan

 

A-TIMES, MANADO–Acara puncak Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado yang ke-64 digelar meriah di gedung Law Tower Fakultas Hukum. Acara puncak ini dihadiri Rektor Unsrat, Prof. Ellen J Kumaat, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Emma Senewe SH MH, Ketua Senat  Prof. DR Donald Rumokoy SH MH, para dosen dan civitas akademika fakultas Hukum.

Menariknya, Dies Natalis kali ini istimewa karena dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi, atau biasa juga dikenal Bintang Puspayoga, di Law Tower, Senin (5/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang Puspayoga berkesempatan memberikan orasi ilmiah “Peran Perguruan Tinggi dalam Implementasi UU Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Berita Terkait:  Ternyata BOK Tim Medis Belum Dibayar

Mentri Bintang Puspayoga memberikan apresiasi pada Fakultas Hukum Unsrat yang care dan memperhatikan kekerasan pada perempuan dan anak dan ini sangat penting serta memberi kontribusi bagi penegakan hukum. Apalagi saat ini banyak issue-issue permluan dan anak.

Bintang Puspayoga menegaskan pasal 1 ayat 3 UUD 1945 menjelaskan semua orang  harus diatur oleh hukum yang sama dan keadilan bagi semua. “Karena semua sama di mata hukum,” tandasnya disela sela orasi ilmiahnya kemarin.

Puspayoga menjelaskan survey nasional 4 dari 100 anak laki-laki umur 4 sampai 17 tahun pernah mengalami kekerasan. Dan bagi anak perempuan kekerasan ini juga hampir 27 persen terjadi di Perguruan Tinggi (PT).

Sementara itu, berdasarkan 174 testimoni dari 79 kampus di 29 kota, sebanyak 89 persen perempuan dan 4 persen laki-laki menjadi korban kekerasan seksual. “Para akademisi, mahasiswa merupakan kekuatan kami dalam rangka menyelesaikan issue perempuan dan anak yang semakin kompleks saat ini, makanya butuh kerja kolaborasi semua pihak apalagi saat ini sudah ada UU TPKS mari kita kawal bersama,” tandas Puspayoga.

Berita Terkait:  Hasil Rakerda PDIP Sulut, OD: Puan Maharani Calon Presiden 2024

Rektor Prof. Ellen J Kumaat memberikan apresiasi pada Fakultas Hukum yang sudah banyak berkontribusi bagi kemajuan Unsrat dan khususnya  dan Fakultas Hukum hingga menghasilkan para alumni yang mumpuni dan profesional dibidang penanganan hukum.

Sebelumnya Ketua Panitia Sonya Sinombor SH mengungkapkan pihaknya menggelar berbagai kegiatan seperti olahraga, ajang sana ke panti asuhan seminar nasional dan lainnya. Panitia Diies Natalis kali ini adalah apra alumni fakultas hukum dan ini luar biasa.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita