oleh

Kadis Kominfo Bolsel Hadiri Rapat Nasional FORK4ASI

A-TIMES.ID, BOLSEL – Kadis Kominfo Aldy Gobel SE hadir secara virtual dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Komunikasi Kadis Kominfo Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (FORK4SI) yang digelar di Hotel Metro Park View Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Kamis (04/11/2021).

Rakernas FORK4SI ini dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan dihadiri Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan II Kemendagri-RI Iwan Kurniawan dan Asdep Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kemenko Polhukam-RI Syaiful Garyadi bersama para Kadis Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia baik yang hadir langsung maupun virtual.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sambutannya menekankan pentingnya komunikasi sebagai upaya penyelesaian kurangnya perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI kepada Dinas Komunikasi Kabupaten/Kota di Indonesia.

Berita Terkait:  Iskandar Kamaru Jadi Mentor Diklat PKN Kepemimpinan Tingkat II

“Komunikasi antara pusat, dalam hal ini Kominfo-RI sebagaimana dikeluhkan oleh teman-teman FORK4SI belum terjalin dengan baik, hal ini bisa diselesaikan dengan sinkronisasi dan membangun pola komunikasi yang baik,” ujarnya.

Diakui Ganjar, keluhan merasa tidak diperhatikan oleh Kominfo RI adalah bagian dari dinamika otonomi daerah. Selanjutnya, Ganjar berpesan kepada FORK4SI untuk mengidentifikasi masalah komunikasi dengan Kominfo-RI, serta mencari jalan keluarnya bersama-sama.

Di tempat yg sama, Ketua FORK4SI Haris Suparto Tome mengatakan digelarnya Rakernas Forkasi tak lain untuk menyamakan visi misi sekaligus persepsi dalam menjalankan program percepatan di bidang komunikasi dan informasi.

Utamanya program smart city yang seharusnya dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah, stakeholder, dan seluruh komponen masyarakat.

Berita Terkait:  Wabup Deddy Lantik Pejabat Pemkab Bolsel

 

Selain membahas perihal Smart City dan layanan digital public, Rakernas tersebut sengaja digelar untuk memecah “kebuntuan” komunikasi antara Dinas Kominfo di daerah dengan Kementerian Kominfo-RI. Diharapkan begitu rakernas selesai, maka tercipta komunikasi dan kerjasama yang sangat baik antara Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia dengan Kementerian Kominfo-RI.

Sementara itu, Kadis Kominfo Aldy Gobel SE menambahkan bahwa Rakernas tersebut dilanjutkan dengan seminar nasional dan kemudian menggelar Pemilihan Ketua Umum FORK4SI Periode 2021-2023 yang berhasil memilih Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Semarang Bambang Pramusinto menjadi Ketua FORK4SI yang baru.(***)

Peliput : Hendra Pabela
Editor   : Amrain Razak
Layout  : Syamsudin Hasan

Komentar

Rekomendasi Berita