oleh

Garda Tipikor Minta Kejaksaan Periksa Dispora Manado Terkait Dana Paskibraka 2016 Sampai 2020

A-TIMES.ID, MANADO – Buntut dari protes salah satu orang tua siswa yang ikut seleksi Paskibraka tahun 2021 makin meluas. Disejumlah media massa juga terpantau disebut-sebut ada kejanggalan yang dilakukan panitia seleksi yang juga melibatkan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado. Tentu kondisi tersebut akan hangat menjadi pembicaraan publik.

Jumat (26/3/2021), Ketua Garda Tipikor Kota Manado, Stevi Mait, SE, kepada Exposemedia menyampaikan pentingnya mencari jalan keluar. Dilain sisi pengelolaan anggaran daerah dan Negara haruslah transparan. Disinyalir ada hal yang mencurigakan dalam proses perekrutan calon Paskibraka di Kota Manado, itu sebabnya Stevi menyarankan agar proses audit eksternal perlu dilakukan.

Berita Terkait:  Walikota Kukuhkan Paskibraka Kota Manado

‘’Bahwa diduga Dinas Pemuda Olahraga Kota Manado bermain dalam pengelolaan terkait anggaran keuangan pada Dokuman Pelaksanaan anggaran (DIPA) dan Pagu anggaran Paskibraka. Maka DIPA dan Pagu anggaran berkaitan dengan perekrutan Paskibraka Manado sejak tahun 2016 sampai dengan 2020 harus diaudit,’’ kata Stevi.

Aktivis vocal ini mengatakan penetapan alokasi anggaran (Pagu) dan jelas realisasi anggaran harus jelas. Sebab, yang namanya anggaran milik masyarakat haruslah dibuatkan akuntabilitasnya secara terbuka. Tak hanya itu, Stevi menyebut pihak Kejaksaan Negeri Manado segera merespon hal ini. Kecurigaan masyarakat harus dijawab.

‘’Untuk itu, kami meminta kepada Kejaksaan dapat melakukan pemeriksaan terkait dengan anggaran dana tersebut karena diduga banyak sekali kejanggalan sampai hari ini. Yang kemudian merembet pada masalah hasil seleksi Paskibraka setiap tahun yang dilaporkan oleh orang tua, calon Paskibraka, dan masyarakat,’’ ujar Stevi.

Berita Terkait:  Rio Resmi Nakhodai KONI Manado

Selanjutnya, Stevi menguraikan terkait sejumlah masalah diantaranya tentang biaya makan minum. Kemudian terkait dengan Hotel, Seragam PDUP dan biaya jalan-jalan / wisata kebangsaan yang perlu diperiksa secara transparan.

‘’Beberapa item penting tersebut harus diperiksa. Garda Tipikor Kota Manado meminta untuk audit dan memeriksa serta melakukan pemeriksaan kepada Dinas Pemuda olahraga Kota Manado. Semoga kepala Kejaksaan Negeri Manado yang baru cq. Kasie. Pidsus bisa menindaklanjuti terkait ini,’’ ucap Stevi menutup. (Red/Amas)

Komentar

Rekomendasi Berita