Kadis DukCapil Manado Erwin Kontu SH
A–TIMES,MANADO–Kinetja jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DukCapil) kota Manado sukses menuai prestasi. Saat evaluasi yang digelar Dinas Dukcapil dan KB Provinsi Sulawesi Utara, DukCapil Manado yang dipimpin kadis Erwin Kontu SH sukses meraih dua pemghargaan prestisius ini memjadikan Manado sebagai pionir pelayanan administrasi kependudukan. Kamis (30/1/2025) evaluasi yang digelar di ruang rapat Dinas Dukcapil dan KB Provinsi Sulut tersebut menyaksikan partisipasi seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Utara. Acara ini bertujuan untuk menilai dan mendorong perbaikan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di tingkat daerah. Manado, sebagai tuan rumah, tak hanya hadir sebagai peserta, namun juga sebagai pemimpin di bidang ini. DukCapil Manado berhasil meraih dua penghargaan bergengsi.
Prestasi ini menjadi parameter dan bukti nyata terhadap pelayanan publik. Penghargaan pertama, Terbaik 1 dalam kategori Capaian Kinerja Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), menjadikan Manado pemimpin tertinggi di Sulawesi Utara dengan angka capaian aktivasi IKD mencapai 9,29%. Angka ini tidak hanya menunjukkan keunggulan dalam pemanfaatan teknologi, tetapi juga sebagai bukti dari kemajuan digitalisasi pelayanan publik yang semakin mempermudah masyarakat. DukCapil Manado juga meraih Terbaik 3 dalam Kepatuhan Pelayanan Publik. Berdasarkan penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia, Dukcapil Manado memperoleh nilai 95,96—sebuah pencapaian luar biasa yang mencerminkan kedisiplinan dan integritas dalam menjalankan tugasnya. Kepatuhan dalam pelayanan ini menjadi kunci utama dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan publik yang mereka terima.
Kepala Dinas Dukcapil Kota Manado, Erwin Kontu SH menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih dengan adanya penghargaan ini. Mantan pejabat di pemkot Bitung ini mengungkapkan bahwa capaian ini adalah buah dari kerja keras tim Dukcapil Manado.” Semua berkat keras jajaran kami di Capil dan seluruh tim tanpa kenal lelah mereka terus berinovasi dan bekerja keras memberikan layanan pda warga,” kata Kontu. Pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan agar masyarakat semakin mudah dalam mengakses dokumen kependudukan.
Prestasi ini bukanlah titik akhir, melainkan langkah awal menuju pelayanan publik yang lebih baik dan modern. Manado menunjukkan bahwa dalam dunia yang semakin terhubung dan berbasis teknologi, pelayanan publik tidak hanya harus efisien tetapi juga harus responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Pihaknya berkomitmen terus bekerja maksimal dalam rangka memberikan pelayanan kepada warga Manado.(*)
Komentar