oleh

Diduga di ‘back up’ Oknum Hebat, Mafia Solar Bebas Berkeliaran di Manado

Peliput/Editor: Lily Paputungan

 

A-TIMES, MANADO–Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) termasuk jenis solar dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan pribadi atau mafia solar. Mirisnya lagi, ulah para oknum mafia solar ini, termasuk di Kota Manado sepertinya sulit disentuh aparat penegak hukum.

Prakteknya mereka melakukan aksi menampung minyak di sejumlah SPBU dan mengakibatkan terjadinya antrian panjang hingga 2 KM disejumlah SPBU di Manado. Aksi menampung BBM tersebut sangat mengganggu aktifitas warga lainnya yang juga harus antri.

Bahkan mereka sepertinya bebas melakukan aksinya dengan leluasa. “Sepertinya para mafia solar bebas beraksi tidak ada penertiban dari aparat,” tandas Maxi warga Sario Kota Manado, Minggu (24/9/2022).

Berita Terkait:  Gubernur Hamka Noer Suport Perwakilan Provinsi Gorontalo di Manado

Hal senada juga dikatakan para sopir bus yang antri sejak subuh untuk mendapatkan solar mereka harus menunggu 3 sampai 4 jam baru bisa mendapatkan solar tersebut.

Berikut ini diduga SPBU yang paling banyak menyalurkan BBM Jenis Solar Bersubsidi kepada Mafia Solar yakni,
-SPBU Winagun
-SPBU Jalan Ring Rood
-SPBU Sario
-SPBU Dendengan
-SPBU Politeknik
-SPBU Kairagi
-SPBU Paal 2

Oknum mafia solar terpopuler di Kota Manado yang sering berkeliaran yakni berinisial BM, AF, FK, AN, SP, JR, KF, ND, DN dan lainnya. Sedangkan mafia solar di Bitung yakni JM, DD, JH dan lainnya.

Berita Terkait:  Pemprov Luncurkan 4 Aplikasi Sulut Hebat

Para mafia ini sepertinya kebal hukum dan diduga di back up oknum tertentu. “Kami minta para mafia itu di proses hukum karena jelas merugikan warga apalagi ditengah kondisi saat ini warga sangat susah karena kenaikan BBM dan mereka malah seenaknya melakukan praktek mafia yang jelas merugikan kepentingan warga,” tandas legislator Manado Hengky Kawalo.

Pihaknya minta polda segera turun tangan mengatasi persoalan ini. “Jika terbukti sikat dan proses sesuai hukum yang berlaku,” tandas politisi PDIP ini.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita